Bagaimana Bumi Mendapatkan Namanya? Ini Asal-usulnya yang Menarik

Rabu, 01 Juni 2022 - 18:31 WIB
Meskipun ada juga istilah Mundus yang dimaksudkan untuk menggambarkan seluruh alam semesta. “Dunia adalah segala sesuatu yang berisi kita [manusia], tapi itu cukup jelas terpisah dari planet,” ujar Hovell.

Mundus tercermin dalam istilah Prancis modern yaitu Monde (dunia), mondo Italia, mundo Spanyol dan mundo Portugis, di antara nenek moyang "bahasa Roman" Latin lainnya. “Penulis Romawi Pliny the Elder (Gaius Plinius Secundus), yang menulis sejumlah besar tentang sejarah alam pada abad pertama, menggunakan istilah mundus dalam pengamatannya,” kata Hovell.

Itulah beberapa kata yang terekam catatan sejarah tentang penamaan Bumi. Diketahui juga bahwa tradisi penamaan planet yang digunakan oleh orang Romawi sebenarnya sudah ada sejak bangsa Babilonia.

Babilonia adalah terletak di bagian Irak dan Suriah modern dan dikenang karena rajanya yang agung, Hammurabi. Babilonia bertahan dari sekitar tahun 1900 sampai 539 SM; wilayah itu kemudian diambil alih oleh Persia (saat itu Kekaisaran Achaemenid).

Persia menjadi musuh besar Yunani, tetapi kedua kekaisaran juga berbagi banyak pengetahuan antarbudaya. Kemudian ketika orang Romawi berkuasa, mereka memadukan tradisi dari daerah yang mereka kuasai, termasuk Yunani, ke dalam budaya mereka.

Hal ini tergambar dari penyebutan dewi cinta dari Babilonia, Ishtar, menjadi Aphrodite dalam budaya Yunani dan Venus di bawah budaya Romawi. Gaius Plinius Secundus terkadang menyebut Merkurius dengan nama dewa lain, Apollo, karena terkait erat dengan matahari.
Bagaimana Bumi Mendapatkan Namanya? Ini Asal-usulnya yang Menarik

Planet yang dinamai Venus, yang diasosiasikan dengan dewi cinta, kadang-kadang disebut Lucifer atau pembawa cahaya (dalam bahasa Latin lux berarti cahaya). Ini adalah nama yang mungkin diambil untuk planet Venus karena terbit di pagi hari saat fajar.

Kebetulan, orang-orang yang menamai Uranus, Neptunus, dan Pluto berabad-abad kemudian, di awal zaman teleskopik, mencoba meneruskan tradisi ini agar konsisten dengan cara orang Romawi melakukannya. Tetapi praktik ini tidak universal.

“Sebagai contoh: Uranus dinamai George III ketika penemunya, astronom Inggris kelahiran Jerman William Herschel, mencari cara untuk berterima kasih kepada pendukung keuangannya,” keterangan NASA.