Video Mumi Ikan Purba Hidup Kembali setelah Dipercikan Air

Senin, 06 Juni 2022 - 13:47 WIB
loading...
Video Mumi Ikan Purba Hidup Kembali setelah Dipercikan Air
Video bangkai ikan purba hidup kembali curi perhartian netizen. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Bangkai Ikan yang telah mengering dan diyakini dari zaman purba hidup kembali setelah mendapatkan percikan air. Ini adalah momen luar mahkluk misterius yang sudah menjadi mumi hidup kembali dengan percikan air.

Dalam rekaman yang diposting di Reddit, apa yang tampak seperti mumi ikan terlihat bernapas untuk pertama kalinya melalui mulutnya saat air dituangkan ke tubuhnya.



Sementara The Sun menulis, video menakjubkan itu, adalah lele suckermouth atau juga dikenal sebagai pleco biasa – adalah spesies yang telah mengembangkan kemampuan untuk beralih ke mode seperti hibernasi.

Itu memungkinkan spesies untuk bertahan hidup di bawah lumpur kering yang mengeras selama berbulan-bulan tanpa air sampai hujan datang.

Ikan dengan nama latin, Hypostomus plecostomus, juga dikenal sebagai lele suckermouth atau pleco umum, adalah ikan air tawar tropis milik keluarga lele lapis baja jika di Indonesia ikan Sapu-sapu. Cirinya baris memanjang sisik seperti baju besi yang menutupi bagian atas kepala dan tubuh.

Lele Suckermouth air tawar yang bernafas di udara berasal dari Amerika Selatan bagian utara dan dinamai berdasarkan mulutnya yang khusus, yang menyerupai cangkir hisap.

Spesies yang sangat mudah beradaptasi, ikan lele Suckermouth air tawar yang bernapas dengan udara memiliki berat hingga 3 pon dan bergantung pada organ aksesori yang terkait dengan rongga insang yang memungkinkan pleco menghirup udara.

Memang, mereka menggunakan insang mereka untuk respirasi dan mereka pergi ke permukaan untuk menghirup udara ketika oksigen kurang hadir di dalam air.

Tidak seperti banyak ikan, pleco juga dapat hidup hingga 30 jam di luar air jika mereka menyimpan cukup oksigen di perutnya.

Ikan ini termasuk dalam salah satu spesies ikan purba yang muncul pada Zaman Devonian Awal yakni sekira 419,2 juta hingga 393,3 juta tahun lalu. Meski demikian, hewan ini masih muncul di sungai dan danau di Afrika, Amerika Selatan, dan Australia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4319 seconds (0.1#10.140)