Minggu, 12 Juni 2022 - 10:48 WIB

Tiga anggota kru Shenzhou-12 adalah yang pertama memasuki Tianhe, mereka menghabiskan tiga bulan dari Juni hingga September tahun lalu. Kemudian kru Shenzhou-13 tiba di modul inti pada Oktober 2021 dan kembali ke Bumi pada April 2022, menetapkan rekor durasi penerbangan luar angkasa manusia nasional baru 182 hari.

Modul inti memiliki dua port tempat berlabuh yang dapat terhubung dengan dua modul lab dan tiga port dok untuk setiap kapal kargo, pesawat ruang angkasa berawak, dan pesawat ruang angkasa lainnya.

Modul Lab Wentian

Foto/news.cgtn

Kedua modul lab serupa dengan modul inti dalam hal panjang, ukuran, dan berat, dengan detail yang lebih spesifik yang belum diungkapkan. Kabin Wentian terutama untuk studi tentang ilmu kehidupan luar angkasa.

Dilengkapi dengan lemari percobaan yang dapat mendukung percobaan tentang kehidupan dan ekologi, bioteknologi, serta studi perbandingan mekanisme pertumbuhan biologis di bawah berbagai kondisi gravitasi.

Lemari percobaan dapat digunakan untuk mempelajari pertumbuhan, perkembangan, hereditas dan penuaan tanaman, hewan dan mikroorganisme di luar angkasa, serta penelitian tentang ekosistem tertutup.

Eksperimen biologis multi-level pada molekul, sel, jaringan, dan organ dapat dilakukan, berkat berbagai metode deteksi, seperti cahaya tampak, fluoresensi, dan pencitraan mikroskopis, yang dimungkinkan oleh fasilitas ilmiah di kabin.

Modul Lab Mengtian

Foto/chinadaily

Modul lab Mengtian fungsi utamanya untuk penelitian ilmiah gayaberat mikro. Modul ini dilengkapi dengan lemari percobaan untuk eksperimen dalam berbagai disiplin ilmu, seperti fisika cairan, ilmu material, ilmu pembakaran, fisika dasar dan teknologi kedirgantaraan.