Misteri Makam Jenghis Khan, Benarkah Dia Naik ke Surga?

Senin, 13 Juni 2022 - 22:21 WIB
loading...
Misteri Makam Jenghis Khan, Benarkah Dia Naik ke Surga?
Jenghis Khan, pada saat kematiannya pada tahun 1227, telah menyatukan bangsa Mongol dalam kerajaan besar yang membentang dari Samudra Pasifik hingga Ukraina. Foto/ bonesdontlie
A A A
ULAN BATOR - Jenghis Khan, pada saat kematiannya pada tahun 1227, telah menyatukan bangsa Mongol dalam kerajaan besar yang membentang dari Samudra Pasifik hingga Ukraina. Lantas, di manakah pemimpin kharismatik ini dikubur ?

Apakah dia memiliki makam monumental seperti piramida yang dibangun untuk firaun Mesir kuno, atau makam dengan prajurit terakota, seperti yang dibangun untuk kaisar Qin pertama di China? Semua masih misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang.

Sumber-sumber kontemporer sebagian besar tidak mengungkapkan tentang lokasi makam Jenghis Khan berada atau seperti apa bentuknya. Para peneliti pun telah menggunakan citra satelit untuk mencari makam tersebut, dan survei satelit mengidentifikasi berbagai peninggalan arkeologis, tetapi makam Jenghis Khan tetap tidak ditemukan.



“The Secret History of the Mongols,” sebuah catatan Mongolia yang ditulis secara anonim yang bertanggal beberapa waktu setelah kematian Jenghis Khan, tidak menyebutkan makamnya. Hanya dikatakan bahwa pada tahun 1227, dia “naik ke Surga.”

Namun, teks tersebut menyatakan bahwa Jenghis Khan sangat merasakan Burkhan Khaldun, sebuah gunung suci di provinsi Khentii. Teks tersebut mengatakan bahwa pada satu titik di awal kehidupannya, Jenghis menggunakan topografi gunung untuk melarikan diri dari musuh yang mengejarnya.

Teks tersebut mengutip Jenghis Khan yang mengatakan bahwa “setiap pagi saya akan berkurban untuk Burkhan Khaldun, setiap hari saya akan berdoa untuknya: keturunan dari keturunan saya harus memperhatikan hal ini dan melakukan hal yang sama!”



Kedekatan Jenghis Khan dengan gunung ini telah menimbulkan pertanyaan apakah dia dimakamkan di sana, tetapi sejauh ini, tidak ada makam yang ditemukan. Satu kemungkinan adalah bahwa Jenghis Khan dimakamkan di provinsi Khentii timur Mongolia, tempat dia dilahirkan.

“Saya pikir makam itu berada di pegunungan di Provinsi Khentii,” kata Nancy Steinhardt, seorang profesor seni Asia Timur di Museum Penn Universitas Pennsylvania, kepada Live Science dikutip SINDOnews, Senin (13/6/2022).
Misteri Makam Jenghis Khan, Benarkah Dia Naik ke Surga?

Kekaisaran Mongol Jenghis Khan pada tahun 1227 dan mencapai puncaknya pada tahun 1279. Foto/LiveScience
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2761 seconds (0.1#10.140)