Rusia Ungkap Pemulangan Astronot AS dengan Roket Soyuz Dibayar Pakai Mata Uang Rubel

Selasa, 14 Juni 2022 - 07:50 WIB
loading...
Rusia Ungkap Pemulangan Astronot AS dengan Roket Soyuz Dibayar Pakai Mata Uang Rubel
Pemulangan astronot Amerika Serikat (AS) Mark Vande Hei dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) ke bumi menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia pada 30 Maret 2022 dibayar dengan mata uang Rubel. Foto/Newizv.ru
A A A
MOSKOW - Pemulangan astronot Amerika Serikat (AS) Mark Vande Hei dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) ke bumi menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia pada 30 Maret 2022 dibayar dengan mata uang Rubel . Roscosmos menyebutkan biaya pemulangan sebesar dua miliar rubel atau USD34,4 juta sekitar Rp508 miliar lebih.

Direktur Jenderal Badan Antariksa Negara Rusia Roscosmos Dmitry Rozozin mengatakan pembayaran itu dilakukan oleh Perusahaan AS Axiom Space dan sempat mengalami keterlambatan satu bulan. “Tepat satu bulan terlambat. Ada keterlambatan pembayaran tapi uang akhirnya lunas,” kata Rogozin kepada saluran TV Rossiya-24, Sabtu 11 Juni 2022 yang dikutip SINDOnews dari laman kantor berita Tass, Selasa (14/6/2022).

Axiom Space bertindak sebagai perantara dalam transaksi ini dan mengalami kesulitan dengan transfer dana setelah pengembalian astronot AS. Rogozin mengatakan, Axiom Space adalah pihak yang membayar langsung sebesar 2 miliar rubel, bukan NASA.



Rogozin mengakui bahwa Roscosmos pada bulan Maret 2022 menerapkan pembayaran menggunakan mata uang rubel untuk berbagai kontrak dengan negara lain. Langkah itu dilakukan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia hanya menerima pembayaran dengan mata rubel untuk penjualan gas dari negara-negara "tidak bersahabat" sebagai bagian dari tindakan balasan terhadap negara-negara Barat yang membekukan aset luar negeri Rusia.

Diketahui astronot AS Mark Vande Hei kembali ke bumi dengan kapsul pesawat ruang angkasa Soyuz MS-19 Rusia dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kapsul Soyuz MS-19 yang membawa astronot NASA Mark Vande Hei bersama dua kosmonot Rusia Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov mendarat di Kazakhstan pada 30 Maret 2022.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)