Kisah Ayam yang Pernah Dipuja Sebagai Burung Eksotis Berabad-Abad, Sekarang Jadi Santapan Lezat

Selasa, 14 Juni 2022 - 09:18 WIB
loading...
A A A
Berlimpahnya biji-bijian ini akan menarik unggas hutan merah dan orang-orang pun menganggap burung berwarna-warni ini sangat menawan. Saat unggas hutan bergantung pada manusia untuk makanannya, proses domestikasi dimulai. “Mereka sangat mudah ditoleransi, dan mereka sangat tampan,” kata Larson.
Kisah Ayam yang Pernah Dipuja Sebagai Burung Eksotis Berabad-Abad, Sekarang Jadi Santapan Lezat

Foto/theatlantic

Transisi ayam dari burung eksotis dan dihormati menjadi sumber makanan lezat kemungkinan terjadi dengan munculnya Kekaisaran Romawi di Eropa. “Di mana telur menjadi populer sebagai makanan ringan stadion,” kata Larson.



Bukti pertama dari konsumsi ayam meluas di Inggris saat dikuasai Romawi berasal dari sekitar abad pertama Masehi. Tidak jelas bagaimana perubahan itu terjadi, tetapi ada kemungkinan selama berabad-abad membuat manusia melihat ayam dengan cara yang lebih praktis. Bahwa hewan peliharaan yang dipuja ini merupakan sumber makanan. “Keakraban melahirkan penghinaan,” katanya.

Temuan dari kedua penelitian mengungkapkan bahwa ayam didomestikasi jauh lebih baru daripada perkiraan sebelumnya. “Misalnya, satu set tulang ayam yang diduga berasal dari China diperkirakan berasal dari 10.000 tahun yang lalu ternyata berasal dari burung pegar,” kata Joris Peters, arkeolog di Ludwig Maximilian University of Munich.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3505 seconds (0.1#10.140)