3 Penemu Asal Indonesia yang Namanya Mendunia, Karyanya Tak Kalah Hebat

Selasa, 14 Juni 2022 - 12:09 WIB
loading...
3 Penemu Asal Indonesia yang Namanya Mendunia, Karyanya Tak Kalah Hebat
Penemu asal Indonesia sejatinya tidak kalah hebat dari ilmuwan atau penemu mancanegara. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penemu asal Indonesia sejatinya tidak kalah hebat dari ilmuwan atau penemu mancanegara. Tercatat sedikitnya ada 3 penemu Indonesia yang namanya mendunia berkat temuannya.

Dalam hal ini, temuan mereka telah diakui oleh dunia serta terbukti memberikan manfaat kepada kehidupan manusia secara umum. Lantas, siapa sajakah mereka?.
Baca juga : Cerita Mbah Moedjair, Penemu Ikan Mujair asal Blitar

Berikut beberapa penemu asal Indonesia yang namanya mendunia berkat temuan dan karyanya :

1. BJ Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan mantan presiden Indonesia yang ketiga. Dalam riwayat pendidikannya, Habibie pernah belajar di Rheinisch Westfalische Technische Hochschule, Jerman.

Setelah lulus, Habibie pernah bekerja di sebuah perusahaan penerbangan Jerman bernama Messerschmitt-Bolkow-Blohm. Di bidang teknologi, Habibie memiliki julukan sebagai ‘Mr Crack’.

Dikutip dari Ys Journal, dalam salah satu penemuannya, Habibie pernah mengembangkan teori yang mencegah pesawat hancur saat melakukan penerbangan. Pada awal 1960-an, kecelakaan pesawat kerap terjadi karena masalah pada konstruksinya.

Habibie mengembangkan teori perambatan retak sebagai solusinya. Dari teori ini, titik retak bisa diprediksi lebih awal. Sehingga bisa menghasilkan pesawat yang lebih aman. Dengan titik retak tertentu, konstruksi pesawat juga menjadi lebih cepat karena pengujian dapat dilakukan dengan singkat.
Baca juga : Jabir Ibn Hayyan, Ilmuwan Muslim Penemu Air Keras

2. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo

Selain BJ Habibie, Josaphat Tetuko Sri Sumantyo atau biasa dikenal Prof Josh juga memiliki sejumlah penemuan luar biasa. Pria kelahiran 25 Juni 1970 ini diketahui sebagai penemu radar satelit, alat pengamatan bumi berbasis microwave remote sensing, hingga penemu mobile satellite communications.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)