Tidak Jauh dari Tata Surya, NASA Temukan 2 Eksoplanet Mirip Bumi

Minggu, 19 Juni 2022 - 06:18 WIB
Tidak Jauh dari Tata Surya, NASA Temukan 2 Eksoplanet Mirip Bumi
NASA temukan 2 eksoplanet mirip bumi. FOTO/ IST
NEW YORK - National Aeronautics and Space Administration ( NASA ) baru-baru ini menemukan dua eksoplanet yang mirip dengan Bumi. Dikatakan bahwa lokasinya tak jauh dari tata surya.

Seperti dilansir dari UPI, Minggu (19/6/2022), tim Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) dari NASA mengatakan kedua eksoplanet itu berjarak 33 tahun cahaya. Paling dekat yang pernah ditemukan.

"Keduanya masuk dalam 10 kandidat teratas untuk karakterisasi atmosfer di antara semua eksoplanet terestrial yang sejauh ini ditemukan," kata Pat Brennan, kepala tim TESS.

Lebih lanjut Rennan menyebut dua eksoplanet dianggap sebagai "bumi super", dengan kode HD 260655 b berukuran 1,2 kali ukuran Bumi dan HD 260655 c berukuran 1,5 kali ukuran Bumi.

Keduanya mengorbit bintang katai merah yang memiliki HD 260655. Tapi sayang suhu keduanya diyakini terlalu panas untuk menopang kehidupan seperti di Bumi sehingga dipastikan tidak ada kehidupan di sana.

Brennan mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih terus mendalami dua eksoplanet yang ditemukan. Pemantauan dilakukan mrnggunakan teleskop luar angkasa James Webb.

"Teleskop James Webb, yang akan segera mengirimkan gambar sains pertamanya, dapat memeriksa atmosfer planet untuk mencari air, molekul karbon, dan komponen lainnya," kata Brennan.

"Mempelajari lebih lanjut tentang atmosfer planet berbatu akan membantu para ilmuwan memahami pembentukan dan perkembangan dunia seperti milik kita," tambahnya.