Mengapa Pelangi Terlihat Ada 7 Warna? Ini Fakta Sebenarnya

Minggu, 19 Juni 2022 - 12:14 WIB
loading...
Mengapa Pelangi Terlihat Ada 7 Warna? Ini Fakta Sebenarnya
Mengapa Pelangi Terlihat Ada 7 Warna. FOTO/ Dream Answers
A A A
JAKARTA - Mengapa pelangi terlihat 7 warna yakni, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu faktanya tidak benar. Pasalnya berdasarkan teori sains pelangi sejati mempunyai jutaan warna.

Pelangi memiliki jutaan warna karena air yang ada pada udara memiliki peran sebagai prisma sedangkan cahaya matahari berperan sebagai polikromatik. Itulah kurang lebihnya penjelasan mengenai pembentukan warna pelangi yang sering Anda lihat.



Seperti dilansir dari Live Science, Fakta yang pertama adalah bahwa pelangi memiliki banyak warna bukan hanya tujuh warna, sungguh mencengangkan bukan? Namun bagaimana bisa kita hanya bisa melihat 7 warna yang ada pada pelangi.

Hal ini di karenakan keterbatasan mata manusia yang hanya bisa mengangkap warna saja yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Berjuta warna yang ada pada pelangi namun hanya warna tertentu saja yang bisa kita tangkap.

Fakta selanjutnya bahwa sebenarnya pelangi memiliki warna yang berbeda pada mata setiap orang yang melihatnya. Namun untuk bentuk umum dari pelangi tentu adalah setengah lingkaran.

Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air. Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda sesuai dengan warnanya masing-masing. Warna pada pelangi tersusun dengan warna merah di bagian paling atas, dan warna ungu di bagian paling bawah pelangi.

Cahaya matahari merupakan cahaya yang bersifat polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih pada cahaya matahari sebenarnya adalah beberapa gabungan dari berbagai cahaya dengan gelombang dan panjang yang berbeda-beda.

Itulah penjelasan mengapa pelangi terlihat 7 warna dari jutaan banyak warna yang ada di pelangi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)