Foto Eksotik, Kawanan Bintang Laut Melahap Singa Laut di Dasar Laut California

Kamis, 23 Juni 2022 - 17:34 WIB
“Ketika bintang laut kelelawar menemukan makanan, mereka mendorong salah satu dari dua perut mereka melalui mulut dan melepaskan enzim pencernaan untuk memecah makanan sebelum menelannya,” keterangan Monterey Bay Aquarium.

Bintang laut juga memiliki cacing simbiosis kecil yang hidup di lekukan di bagian bawah tubuh dan memakan sisa makanan yang ditinggalkan oleh inangnya. Pada satu bintang kelelawar biasanya dapat 20 cacing, ada juga yang lebih dari 100 cacing untuk mencerna potongan singa laut.

Foto Eksotik, Kawanan Bintang Laut Melahap Singa Laut di Dasar Laut California

Bintang laut. Foto/Live Science

Sebagai pemulung, bintang kelelawar dan cacing yang menumpang mereka memainkan peran penting dalam ekosistem laut. Mereka mendaur ulang nutrisi dan energi dari bagian atas rantai makanan kembali ke bagian bawah.

"Adegan ini tampak melankolis, yakinlah bahwa singa laut memberikan kembali kepada komunitas tempat dia pernah hidup dan berenang. Ketika bintang kelelawar telah kenyang, sejumlah makhluk besar dan kecil akan [juga] dapat memperoleh energi,” tulis penyelenggara kompetisi di situs web Big Picture.

Namun, populasi bintang laut kelelawar mungkin berada di bawah ancaman karena perubahan iklim. Meningkatnya suhu laut telah membantu menyebarkan penyakit baru yang dikenal sebagai sindrom pemborosan bintang laut, yang pertama kali muncul di Alaska pada tahun 2013.

Penyakit ini diyakini disebabkan oleh bakteri dan menyebabkan lengan terpuntir secara tidak normal, lesi putih, pengempisan lengan dan tubuh. Bintang laut kelelawar adalah salah satu spesies yang diketahui berisiko terkena penyakit ini.