4 Spesies Karang Baru Ditemukan di Perairan Andaman dan Nicobar

Senin, 04 Juli 2022 - 16:08 WIB
4 Spesies Karang Baru Ditemukan di Perairan Andaman dan Nicobar
Para ilmuwan menemukan empat spesies karang azooxanthellata untuk pertama kalinya di di perairan Kepulauan Andaman dan Nicobar, India. Foto/ndtv
NEW DELHI - Para ilmuwan menemukan empat spesies karang azooxanthellata untuk pertama kalinya di perairan India. Keempat spesies tersebut, adalah Truncatoflabellum crassum, Truncatoflabellum incrustatum, Truncatoflabellum aculeatum, dan Truncatoflabellum irregulare, ditemukan di perairan Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Karang azooxanthellata adalah kelompok karang yang tidak mengandung zooxanthellae, uniseluler, ganggang coklat keemasan. Penyebarannya tidak terbatas pada lapisan atas lautan saja, tetapi diketahui dari laut tropis hingga laut kutub dan dari zona intertidal hingga kedalaman lebih dari 6.328 meter.

Mereka ditemukan di habitat yang gelap, terutama di dalam gua. Para peneliti dari Zoological Survey of India (ZSI) melaporkan empat spesies karang azooxanthellata dari wilayah perairan dangkal di Kepulauan Andaman dan Nicobar.

“Empat spesies bernama Truncatoflabellum crassum, Truncatoflabellum incrustatum, Truncatoflabellum aculeatum, dan Truncatoflabellum irregulare di bawah famili Flabelliiidae dicatat untuk pertama kalinya dari India,” catat para penulis penelitian dikutip SINDOnews dari laman ndtv, Senin (4/7/2022).

Penelitian yang diterbitkan baru-baru ini di Thalassas: An International Journal of Marine Sciences, dilakukan di ekosistem terumbu di Kepulauan Andaman dan Nicobar. Studi sebelumnya pada karang scleractinian menghasilkan dokumentasi total hanya sekitar 10 persen dari karang azooxanthellate dibandingkan dengan karang zooxanthellate dari perairan India.

Keempat spesimen sebelumnya tercatat dari Jepang ke Filipina dan perairan Australia sementara hanya Truncatoflabellum crassum yang dilaporkan dalam kisaran distribusi Indo-Pasifik Barat termasuk Teluk Aden dan Teluk Persia, kata mereka. Studi ini menggambarkan fitur morfologi bersama dengan pemetaan global rentang distribusi zoogeografis dari empat spesies flabelliids.

Sebuah studi tahun 2016 oleh para peneliti di Institute for Environmental Research and Social Education, Tamil Nadu melaporkan tiga spesies karang azooxanthellate, untuk pertama kalinya dari bebatuan di lepas pantai Goa, pantai barat tengah India. Penelitian tersebut mencatat bahwa terdapat 227 spesies karang azooxanthellate scleractinian yang termasuk dalam 71 genera yang dilaporkan dari kawasan Samudera Hindia.