Danau di Las Vegas Menyusut Akibat Kekeringan Parah, Bangkai Kapal Perang Dunia Muncul Kembali

Rabu, 06 Juli 2022 - 21:10 WIB
loading...
Danau di Las Vegas Menyusut Akibat Kekeringan Parah, Bangkai Kapal Perang Dunia Muncul Kembali
Akibat kekeringan parah yang melanda, permukaan air Danau Mead, waduk terbesar di Amerika Serikat menyusut drastis. Foto/The Drive
A A A
NEVADA - Akibat kekeringan parah yang melanda, permukaan air Danau Mead, waduk terbesar di Amerika Serikat menyusut drastis. Danau Mead terletak di Sungai Colorado sekitar 30 mil di tenggara Las Vegas, Nevada, di negara bagian Nevada dan Arizona.

Penyusutan drastis permukaan air Danau Mead membuat bangkai kapal pendarat personel dalam penyerbuan Normandia selama Perang Dunia Kedua sampai tampak kembali. Dari sejumlah foto yang dari laman The Drive, terlihat badan kapal yang dalam posisi miring dan berkarat di dasar danau seolah muncul kembali.

Pada 1 Juli 2022, Danau Mead berada pada kedalaman terendah sejak tahun 1937 yang kedalamannya mencapai sekitar 1.043,02 kaki atau 318 meter. Jika kekeringan berlanjut, permukaannya akan stabil pada ketinggian 895 kaki atau 272 meter, atau tingkat terendah.



Pada saat itu, danau hanya akan turun 35 kaki atau 10,6 meter sebelum kota Las Vegas harus menemukan sumber air minum alternatif. Jika permukaan air Danau Mead terus turun, artefak era Perang Dunia II lainnya akan muncul ke permukaan.

Dasar Danau Mead diketahui menyembunyikan dua pesawat besar, yaitu Consolidated PBY Catalina dan Boeing B-29 Super Fortress. Bahkan badan pesawat pengebom B-29 sebagian besar utuh dan masih terendam, menjadi tempat menyelam yang populer.

Sedangkan kapal pendarat era perang dunia kedua yang muncul dari dasar Danau Mead merupakan dari jenis Higgins. Kapal pendaratan personel ini pernah digunakan dalam penyerbuan di Normandia untuk melawan pasukan Nazi Jerman.


Danau di Las Vegas Menyusut Akibat Kekeringan Parah, Bangkai Kapal Perang Dunia Muncul Kembali


Badan kapal Higgins sekarang sebagian besar tampak di atas air, meskipun secara bertahap semakin dekat ke permukaan danau karena permukaan air telah turun. Video YouTube dari penyelam menunjukkan bahwa baru-baru ini dua tahun lalu, kapal itu masih terendam air sedalam 60 kaki atau 18,2 meter.

Kapal Higgins bisa berada di Danau Mead setelah digunakan untuk mensurvei Sungai Colorado sebelum dijual ke Marina Lake Mead, berdekatan dengan Bendungan Hoover. Kapal itu dilaporkan tenggelam beberapa saat setelah diakuisisi oleh Marina, menurut perusahaan selam lokal Las Vegas Scuba.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2971 seconds (0.1#10.140)