Deteksi Kehidupan Alien di Luar Angkasa, NASA Kembangkan Robot Renang Senilai Rp9 Miliar

Rabu, 06 Juli 2022 - 23:29 WIB
loading...
Deteksi Kehidupan Alien di Luar Angkasa, NASA Kembangkan Robot Renang Senilai Rp9 Miliar
NASA mengembangkan sekelompok robot renang kecil yang dapat melewati air di bawah cangkang es sejumlah bulan di Tata Surya untuk mencari tanda-tanda kehidupan alien. Foto/NASA JPL
A A A
FLORIDA - NASA mengembangkan sekelompok robot renang kecil yang dapat melewati air di bawah cangkang es sejumlah bulan di Tata Surya untuk mencari tanda-tanda kehidupan alien. Laboratorium Propulsi Jet NASA telah memberikan dana USD600.000 atau Rp9 miliar lebih untuk konsep robot renang kecil untuk menjelajahi lautan di bulan atau planet di seluruh tata surya.

Kawanan robot renang kecil ini dapat dikirim ke tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh manusia dan robot besar. Mereka akan menjelajahi air yang berada bulan Jupiter, Europa atau bulan Saturnus Enceladus.

“Ide saya adalah, kita dapat menggunakan robot mini dan menerapkannya dengan cara baru yang menarik untuk menjelajahi tata surya kita. Dengan segerombolan robot renang kecil, kami dapat menjelajahi volume air laut yang jauh lebih besar dan meningkatkan pengukuran data di area yang sama,” kata Schaler, insinyur mekanik robotika di JPL dan pemimpin proyek terse but dikutip SINDOnews dari laman eandt.theiet.org, Rabu (6/7/2022).



Dikemas di dalam probe pelelehan es sempit yang akan menembus kerak beku, robot-robot kecil itu akan dilepaskan di bawah air. Robot-robor kecil ini akan berenang jauh dari kapal induk mereka untuk mencari tanda-tanda kehidupan alien.

Konsep Sensing With Independent Micro-Swimmers (SWIM) Schaler ini dianugerahi USD600.000 sebagai pendanaan Tahap II dari program Nasa Innovative Advanced Concepts (NIAC). Hibah tersebut akan memungkinkan dia dan timnya untuk membuat dan menguji prototipe robot renang yang dicetak 3D selama dua tahun ke depan.

Dibandingkan dengan robot lain yang dirancang untuk penjelajahan samudra planet, perenang mini Schaler akan jauh lebih kecil dan dapat dimuat secara kompak ke dalam penyelidikan es. Mereka akan menambah jangkauan ilmiah penyelidikan dan dapat meningkatkan kemungkinan mendeteksi bukti kehidupan sambil menilai potensi kelayakhunian pada sejumlah planet.



Desain tahap awal membayangkan pembangunan robot berbentuk baji, masing-masing memiliki panjang sekitar 12 cm dan volume sekitar 60 hingga 75 cm kubik. Sekitar empat lusin dari mereka dapat masuk ke dalam cryobot dengan diameter 25 cm dengan panjang 10 cm, mengambil hanya sekitar 15 persen dari volume muatan sains.

Cryobot akan terhubung melalui tambatan komunikasi ke pendarat berbasis permukaan yang akan menjadi titik kontak dengan pengontrol misi di Bumi. Ini berarti robot akan memiliki jangkauan eksplorasi terbatas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)