Inilah Meraxes, Dinosaurus Mirip T-Rex yang Ditemukan di Argentina

Minggu, 10 Juli 2022 - 10:47 WIB
loading...
Inilah Meraxes, Dinosaurus Mirip T-Rex yang Ditemukan di Argentina
Fosil dinosaurus mirip T-Rex yang ditemukan di Argentina. FOTO/ IST
A A A
BUENOS AIRES - Fosil dinosaurus pemakan daging yang memiliki tengkorak dan lengan kecil seperti T-Rex berhasil ditemukan di Patagonia utara, Argentina. Fosil tersebut diberi nama sebagai Meraxes gigas oleh sang peneliti, George R.R. Martin.


Terungkap bahwa Meraxes termasuk dalam kelompok theropoda pemakan daging bipedal yang dikenal sebagai Carcharodontosauridae, yang mencakup raksasa dinosaurus lain seperti Giganotosaurus, Mapusaurus dan Carcharodontosaurus.

Diperkirakan Meraxes ini hidup selama periode Kapur (sekitar 145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu), tetapi punah sebelum peristiwa kepunahan yang membunuh semua dinosaurus non-unggas dan menandai akhir Kapur.

Melansir dari Livescience, Sabtu (9/7/2022), fosil Meraxes gigas ditemukan dalam kondisi yang sangat baik mencakup tengkorak, kaki depan, tukang paha, dan panggul. Diperkirakan umur fosil ini berusia antara 90 juta dan 100 juta tahun.

Juan Canale, seorang peneliti di Museum Paleontologi Ernesto Bachmann di Neuquén, Argentina mengatakan Meraxes gigas ditemukan bersamaan dengan fosil empat dinosaur sauropoda lainnya yang terkubur di lapisan batu yang sama.

Canale dan rekan-rekannya menggali beberapa ton batu pasir untuk mencapai fosil. Dan setelah ditemukan, mereka menduga bahwa ketika dinosaurus mati, sisa-sisanya dengan cepat tertutup oleh sedimen yang dibawa oleh air yang mengalir, yang melindungi tubuh dari pembusukan.

Meraxes gigas ketika hidup diperkirakan memikiki bobot lebih dari 4,4 ton. Meskipun Meraxes dan T-Tex keduanya memiliki kemiripan, keduanya bukan kerabat dekat. Mereka hanya telah berhasil bevolusi sebagai predator.

Untuk diketahui, lengan yang kecil memang identik dengan dinosaur predator seperti T-Rex . Selain itu juga dinosaurus predator memiliki ciri-ciri kepala yang besar dengan rahang kuat menjadi alat berburu yang lebih efektif.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)