Astronot China Mulai Keluhkan Popok yang Terlalu Berat dan Bikin Alat Vital Tidak Nyaman

Sabtu, 16 Juli 2022 - 09:00 WIB
loading...
A A A


Sementara China memang diketahui memiliki rencana luar angkasa yang ambisius untuk 10 tahun ke depan, termasuk menyelesaikan pembangunan stasiun ruang angkasa Tiangong dan meluncurkan dua pesawat ruang angkasa berawak setiap tahun. Tapi satu tantangan kecil yang dihadapinya adalah menemukan popok yang lebih nyaman untuk astronot.

Memang saat ini ada toilet di stasiun luar angkasa. Dalam kondisi itu para astronot harus memakai popok saat lepas landas, mendarat, berjalan di luar angkasa, dan aktivitas di luar kendaraan. Jadi sangat tidak mungkin buat mereka menggunakan kamar mandi.

Para astronot menggunakan popok dimulai pada 1980. Saat itu ilmuwan NASA Tang Xinyuan membuat popok khusus yang bisa digunakan para astronot. Popok itu kemudian disempurnakan lagi jadi Maximum Absorbency Garment (MAG) yang bisa menampung dua liter urine.

Hanya saja menurut Wang Tianhui MAG terlalu besar dan tidak nyaman buat para astronot. “Astronot lebih mementingkan kenyamanan dan daya serap satu kilogram sudah cukup untuk kebutuhan di luar angkasa,” pungkasnya.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)