Fenomena Aneh Hujan Ikan di India Setelah Monsun, Begini Penjelasannya

Senin, 18 Juli 2022 - 08:58 WIB
loading...
Fenomena Aneh Hujan Ikan di India Setelah Monsun, Begini Penjelasannya
Penduduk desa di India dibingungkan oleh serangkaian hujan yang tidak biasa baru-baru ini, bahkan menyebabkan ikan turun dari langit. Foto/Twitter/Metro
A A A
JAGTIAL - Penduduk desa di India dibingungkan oleh serangkaian hujan yang tidak biasa baru-baru ini, bahkan menyebabkan ikan turun dari langit . Akibat serangkaian cuaca aneh pada musim hujan, pihak berwenang di Telegana menyatakan siaga merah untuk 12 distrik selama 5 hari ke depan, karena banjir parah telah berdampak pada jutaan orang.

Jalan raya nasional telah tergenang air, yang menyebabkan bagi layanan darurat untuk mencapai desa dan kota yang porak-poranda. Namun kejadian paling aneh dari semua terjadi akhir pekan lalu, ketika setelah hujan deras, dikejutkan jatuhnya ratusan ikan di jalan.

Bahkan, hal yang lebih mengejutkan adalah banyak dari ikan tersebut masih tampak hidup, dan mengelepar di jalan setelah terbawa angin bermil-mil jauhnya dari laut oleh angin monsun. Fenomena aneh ini mengundang perhatian warga dan membuat ramai media sosial pada Jumat 15 Juli 2022.

Baca juga; Fenomena Ikan Mudik, Rezeki Tahunan Cegat Migrasi Ikan ke Hulu Sungai

Seorang saksi mata dikutip SINDOnews, Senin (18/7/2022), dari laman metro.co.uk, membagikan video tersebut ke Twitter, “Di tengah hujan lebat di Telangana, orang-orang kota Jagtial menyaksikan sesuatu yang unik. Orang-orang Sai Nagar di kota Jagtial terbangun dengan kejutan pada hari Jumat dan Sabtu ketika mereka menemukan ikan 'hujan' dari langit."

Dia menambahkan: 'Hujan ikan adalah fenomena cuaca langka yang disebut sebagai "hujan hewan" yang terjadi ketika hewan air kecil seperti katak, kepiting, dan ikan kecil tersapu ke dalam semburan air. Dalam video tersebut, terlihat sejumlah warga berebut untuk mengambil ikan dan mengumpulkannya.

Pada satu titik terdengar seorang pria berkata: “Salah satu tambak ikan pasti telah dibuka, dan ada ratusan dan ratusan ikan yang telah terdampar, dan orang-orang ini di sini mengambil ikan dari tengah jalan.”

Baca juga; Hujan Ikan Terjadi di Texas

Para ilmuwan mengatakan bahwa "hujan ikan" biasanya terjadi ketika angin puyuh yang berputar-putar di atas air yang relatif dangkal berkembang menjadi puting beliung dan menghisap hampir semua yang ada di dalam air termasuk ikan, belut, dan bahkan katak. Seluruh makhluh hidup dalam laut dapat dibawa jarak jauh dengan menerjang awan bahkan ketika puting beliung berhenti berputar.
Fenomena Aneh Hujan Ikan di India Setelah Monsun, Begini Penjelasannya


Laporan CNN, India saat ini berada di tengah-tengah musim hujan yang paling parah dalam beberapa tahun, yang telah merenggut nyawa lebih dari 130 orang. Beberapa hari sebelumnya, warga Jagtial Mohammad Shafi dan putranya Abdul Rashid tewas setelah kendaraan mereka tertimbun tanah longsor saat dalam perjalanan pulang.

Jutaan orang telah mengungsi akibat musim hujan terburuk di India sejak 2005, yang mengakibatkan lebih dari 700 korban dan perpindahan massal. Bendungan dilaporkan telah dibuka di beberapa tempat untuk mengurangi tekanan di kota-kota saat kekhawatiran bahwa curah hujan lebih lanjut dapat terjadi.

Musim muson India biasanya berlangsung dari Juni hingga September, dan biasanya mulai surut pada awal Oktober. “Mengingat tingkat air yang meningkat & keamanan, jalan raya nasional dari Ahmedabad ke Mumbai telah ditutup. Kami akan membuka jalan raya segera setelah permukaan air turun,” kata Amit Prakash Yadav, Komisaris Daerah Kotamadya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1892 seconds (11.252#12.26)