3 Hewan yang Hidup di Danau Tiberias, Nomor 2 Sudah Punah Akibat Kekeringan

Selasa, 19 Juli 2022 - 20:19 WIB
loading...
3 Hewan yang Hidup di Danau Tiberias, Nomor 2 Sudah Punah Akibat Kekeringan
Danau Tiberias atau yang dikenal dengan Laut Galilea adalah danau air tawar besar yang memiliki volume air sekitar empat kilometer kubik, mendukung berbagai flora dan fauna. Foto/Newsatlas
A A A
JERUSALEM - Danau Tiberias atau yang dikenal dengan Laut Galilea adalah danau air tawar besar yang memiliki volume air sekitar empat kilometer kubik. Perairan Laut Galilea mendukung berbagai flora dan fauna lokal termasuk berbagai alang-alang dan fitoplankton.

Dikutip SINDOnews dari laman Newsatlas, Selasa (19/7/2022), beberapa fauna terkenal yang ditemukan di danau Tiberias adalah ikan nila, lele, dan tristramella. Air tawar yang melimpah di Danau Tiberias juga mendukung banyak spesies burung, seperti bangau abu-abu, kuntul putih besar, camar berkepala hitam, dan burung nasar griffon.

1. Burung Kuntul Putih Besar
3 Hewan yang Hidup di Danau Tiberias, Nomor 2 Sudah Punah Akibat Kekeringan


Burung kuntul putih besar mengarungi perairan dangkal untuk berburu ikan, katak, dan hewan air kecil lainnya. Mereka biasanya berdiri diam dan memperhatikan mangsa yang tidak curiga lewat. Kemudian, dengan kecepatan yang mengejutkan, menyerang dengan tusukan di leher dan paruhnya yang panjang.

Burug kuntul putih besar biasanya bersarang secara berkelompok (koloni) dan menempatkan sarangnya di pohon yang sangat tinggi. Kadang, sarangnya berada di pulau-pulau yang terisolasi untuk menghindari predator mamalia seperti rakun.



2. Ikan Tristramella sacra
3 Hewan yang Hidup di Danau Tiberias, Nomor 2 Sudah Punah Akibat Kekeringan


Tristramella sacra atau tristramella rahang panjang adalah spesies ikan cichlid yang endemik di Laut Galilea atau Danau Tiberias. Spesies ini bisa mencapai panjang total hingga 28 cm dan biasanya bertelur di tepi utara Danau Tiberias yang berawa.

Ikan tristramella sacra sudah tidak tercatat sejak tahun 1990, meskipun sudah dilakukan pencarian di danau dan di pasar lokal, sehingga dianggap punah oleh IUCN. Spesies ini hilang diperkirakan akibat mengeringnya Danau Tiberias pada pertengahan 1990-an dan tahun 1991.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2624 seconds (0.1#10.140)