3 Buaya Tercepat di Dunia, Ada yang Capai 35 Kilometer Per Jam!

Rabu, 20 Juli 2022 - 13:35 WIB
loading...
3 Buaya Tercepat di Dunia, Ada yang Capai 35 Kilometer Per Jam!
Sebagai predator, buaya kerap digambarkan dengan sosok perenang handal dan juga menyeramkan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga jenis buaya tercepat di dunia. Sebagai predator , buaya kerap digambarkan dengan sosok perenang handal dan juga menyeramkan. Namun, siapa yang menyangka bahwa jenis hewan ini ternyata juga bisa berlari.

Buaya memang identik sebagai hewan air. Tetapi, terkadang mereka juga menjelajah ke darat, baik untuk bertelur maupun berjemur. Dalam hal ini, mereka tetap menjadi predator berbahaya karena memiliki kecepatan berlari.

Umumnya, mereka berlari dengan perut merangkak atau bisa juga menggunakan kakinya untuk mendorong diri ke depan. Berikut beberapa jenis buaya tercepat di dunia.

1. Buaya Air Asin
Buaya Air Asin sering disebut sebagai jenis buaya terbesar di dunia. Melihat dari perkiraan ukurannya, spesies ini bisa mencapai panjang antara 5 hingga 7 meter. Sedangkan beratnya antara 400 sampai 700 kilogram.



Di Indonesia sendiri, buaya air asin dikenal dengan nama buaya muara. Biasanya, mereka mendiami sungai yang berbatasan langsung dengan laut. Buaya ini merupakan predator tipe penyergap yang suka berburu pada malam hari.

Dikutip dari A-Z Animals, berbeda dengan buaya biasa, buaya air memiliki memiliki kecepatan di atas rata-rata. Meski ukurannya relatif besar, jenis buaya ini bisa mencapai kecepatan antara 15-18 mph atau 24 hingga 28,9 kilometer per jam.

2. Buaya Amerika
Buaya Amerika atau Crocodylus Acutus merupakan jenis buaya yang ditemukan di neotropics. Populasinya sendiri banyak dijumpai di Florida Selatan dan pantai Meksiko ke Selatan.



Sama halnya dengan Buaya Muara, jenis buaya ini adalah salah satu yang terbesar. Ukurannya diperkirakan bisa mencapai 6,1 meter. Selain itu, buaya jantan biasanya juga memiliki tubuh yang lebih besar dari betinanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)