AS Bikin Pesawat Militer Supercepat, Paris-Montreal Ditempuh dalam 3 Jam

Kamis, 21 Juli 2022 - 18:37 WIB
loading...
AS Bikin Pesawat Militer Supercepat, Paris-Montreal Ditempuh dalam 3 Jam
Boom Supersonic dan Northrop Grumman bermitra untuk membangun varian pesawat Overture untuk pemerintah AS dan sekutunya. Foto/Boom Supersonic/Space.com
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) menggandeng dua perusahaan ternama Boom Supersonic dan Northrop Grumman untuk membuat pesawat angkut supercepat. Kemitraan ini untuk menciptakan varian pesawat supersonik "Overture" untuk kepentingan militer dan tanggap darurat.

Boom Supersonic mengatakan, pesawat ini akan mampu mendukung misi vital dengan kecepatan tinggi, membawa penumpang dan peralatan ke lokasi tujuan lebih cepat daripada kecepatan suara. Setelah siap, Overture akan mengirim penumpang dari Paris ke Montreal hanya dalam 3 jam 45 menit.

“Waktu adalah keuntungan strategis dalam skenario konsekuensi tinggi, dari evakuasi darurat hingga tanggap bencana,” kata Pendiri dan CEO Boom, Blake Scholl dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (21/7/2022).

Baca juga; Inggris Kembangkan Pesawat Hipersonik yang Dapat Digunakan Kembali, Bentuknya Seukuran Jet Hawk

Pesawat Overture memiliki badan pesawat meruncing yang memiliki diameter lebih besar di bagian depan daripada di bagian belakangnya. Desain ini diklaim perusahaan membantu meminimalkan hambatan sambil mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Empat mesin yang dipasang di sayap mendorong Overture ke kecepatan di atas Mach 1,7 saat terbang di atas air dan tepat di bawah Mach 1 di darat. Selain itu, sayap camar yang disapu ke belakang Overture menawarkan stabilitas dan keamanan yang lebih baik pada pesawat dengan kecepatan apa pun.

“Penerbangan belum melihat lompatan besar dalam beberapa dekade. Desain Overture sangat revolusioner dan secara fundamental akan mengubah cara kita berpikir tentang jarak,” kata Scholl.

Baca juga; China Uji Mesin Pesawat Hipersonik dari Desain yang Pernah Dibuat AS

Sedangkan Northrop Grumman sudah cukup dikenal sebagai pemasok berbagai peralatan tempur untuk angkatan bersenjata AS, mulai dari pesawat ruang angkasa hingga sistem penerbangan militer. Kemitraan antara Northrop Grumman dan Boom Supersonic akan membantu memastikan pemerintah dan militer AS memperoleh pesawat Overture yang dibuat untuk kebutuhan khusus.

“Memasangkan keahlian integrasi sistem pertahanan udara Northrop Grumman dengan pesawat supersonik Overture Boom yang canggih sangat masuk akal,” kata Tom Jones, presiden Northrop Grumman Aeronautics Systems.
AS Bikin Pesawat Militer Supercepat, Paris-Montreal Ditempuh dalam 3 Jam
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1003 seconds (10.55#12.26)