Jum'at, 22 Juli 2022 - 07:00 WIB
Teleskop Baru Deteksi Adanya Tabrakan Mengerikan Dua Matahari Mati
Tabrakan dua bintang neutron atau matahari mati akan jadi awal pembentukan tata surya. Foto/BBC
JAKARTA - Teleskop milik Inggris, Gravitational Wave Optical Transient Oberserver (GOTO) berhasil mendeteksi adanya potensi tabrakan mengerikan dua matahari mati atau yang dikenal sebagai bintang neutron. Penelitian terhadap tabrakan dua bintang neutron itu diyakini akan jadi informasi penting mengenai terbentuknya tata surya.

Pasalnya tabrakan itu akan membentuk berbagai logam berat yang kemudian membentuk bintang dan planet. Sama denganterjadinya planet-planet di tata surya bima sakti miliaran tahun lalu.

Saat ini GOTO yang ditempatkan di kepulauan volkanik La Palma, Spanyol sudah berhasil mendeteksi kedua bintang neutron itu. Observasi yang mendalam akan terus dilakukan hingga tabrakan terjadi.

"Yang paling penting adalah kecepatan untuk terus mengikuti kedua matahari mati. Kami harus sangat cepat karena ini akan berlangsung singkat dan berlalu dengan cepat," ujar Profesor Danny Steeghs dari Warwick University.

Teleskop Baru Deteksi Adanya Tabrakan Mengerikan Dua Matahari Mati

Diketahui bintang neutron adalah matahari mati yang telah runtuh karena beratnya yang sangat besar. Disebut matahari mati karena atom-atom yang pernah membuatnya bersinar justru telah hancur.

Bintang neutron memiliki gravitasi yang kuat sehingga mereka bisa tarik-menarik satu sama lain. Akhirnya mereka bisa tabrakan dan membentuk planet-planet hingga tata surya .

Disebutkan BBC, ketika tabrakan berlangsung, akan terjadi kilatan cahaya dan gelombang kejut yang kuat riak di seluruh semesta. Itu membuat segala sesuatu di semesta bergetar, termasuk, tanpa terasa, atom-atom di dalam diri kita masing-masing.