Arkeologi Temukan Jejak Kaki Dinosaurus Berusia 100 Juta Tahun di China

Minggu, 24 Juli 2022 - 07:02 WIB
Arkeologi Temukan Jejak Kaki Dinosaurus Berusia 100 Juta Tahun di China
Ahli paleontologi, Prof. Associate Professor Lida Xing sebut beberapa lubang batu yang ditemukan di restoran berisi jejak kaki dua spesies Sauropoda. FOTO/ IST
BEIJING - Beberapa jejak kaki dinosaurus yang diyakini berusia 100 juta tahun ditemukan di luar sebuah restoran di barat daya China.

Seperti dilansir dari Unilad, fosil itu ditemukan oleh seorang warga saat sedang makan di sebuah restoran di Leshan, provinsi Sichuan.

Menurut ahli paleontologi, Prof. Associate Professor Lida Xing, beberapa lubang batu yang ditemukan di restoran berisi jejak kaki dua spesies Sauropoda.

Ia mengatakan, spesies dinosaurus tersebut diyakini telah hidup pada awal periode Cretaceous.

Para ahli dari China University of Geosciences menginformasikan bahwa tim penelitinya mengkonfirmasi penemuan tersebut dengan menggunakan pemindai 3D.

Dinosaurus sauropoda adalah sejenis reptil berkaki empat yang termasuk dalam kategori herbivora pemakan tumbuhan.

Sauropoda, yang memiliki leher dan ekor panjang, dikenal sebagai hewan terbesar yang hidup di bumi.

Sementara itu, kata Xing, dua Sauropoda yang meninggalkan jejak mungkin memiliki tubuh besar berukuran panjang sekitar delapan meter.

“Sangat jarang ditemukan fosil di sekitar kota karena semuanya tertutup oleh bangunan,''

"Kami juga bertujuan untuk mengunjungi beberapa lokasi penemuan potensial dalam waktu 48 jam setelah menerima laporan karena kami khawatir mereka mungkin terpengaruh oleh pekerjaan konstruksi," katanya.

Sebelumnya, lokasi restoran tersebut adalah peternakan ayam dan ditemukan jejak kaki dinosaurus yang terkubur di dalam tanah dan pasir.