20 Kali Lebih Lebar dari Grand Canyon, Penampakan Ngarai Valles Marineris di Mars Begitu Mengesankan

Senin, 25 Juli 2022 - 19:54 WIB
loading...
20 Kali Lebih Lebar dari Grand Canyon, Penampakan Ngarai Valles Marineris di Mars Begitu Mengesankan
Pemandangan dari Tithonium Chasmata ini, bagian dari struktur ngarai Valles Marineris Mars, dihasilkan dari model medan digital dan saluran nadir dan warna dari Kamera Stereo Resolusi Tinggi di Mars Express ESA. Foto/ESA/DLR/FU Berlin
A A A
FLORIDA - Pesawat ruang angkasa Mars Express dari Badan Antariksa Eropa (ESA) menangkap pemandangan baru Valles Marineris, sebuah ngarai atau lembah di planet merah yang sangat mengesankan. Dari gambar yang diperoleh dari penjelajahan di kedalaman Valles Marineris diketahui ini merupakan sistem ngarai terbesar di tata surya.

Gambar Badan Antariksa Eropa (ESA), yang diambil menggunakan Kamera Stereo Resolusi Tinggi (HRSC), juga menangkap detail luar biasa di dasar ngarai. Berbeda dengan Grand Canyon yang dipahat oleh Sungai Colorado, Valles Marineris diyakini terbentuk dari lempeng tektonik yang terpisah.

Gerakan kekerasan di permukaan Mars ini menciptakan lantai ngarai yang bergerigi, seperti yang terlihat pada gambar baru. “Lantai degil Ius Chasma sama menariknya,” tulis pejabat ESA dalam pernyataan yang menyertai gambar baru dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (25/7/2022).

Baca juga; China Berhasil Foto Keseluruhan Planet Mars

Pesawat ruang angkasa Mars Express ESA, yang telah mengorbit di Mars sejak 2003, menangkap detail dua parit yang membentuk bagian barat Valles Marineris, yaitu Ius Chasma dan Tithonium Chasma. Gambar tidak hanya menangkap detail permukaan yang luar biasa, tetapi juga menyoroti ukuran parit yang mengesankan.

“Saat lempeng tektonik terpisah, tampaknya telah menyebabkan terbentuknya segitiga batu bergerigi yang terlihat seperti deretan gigi hiu. Seiring waktu, formasi batuan ini telah runtuh dan terkikis,” lanjut keterangan ESA.

Valles Marineris membentang sepanjang 4.000 kilometer, lebar 200 km, dan kedalaman 7 km, hampir 10 lebih panjang, 20 kali lebih lebar, dan 5 kali lebih dalam dari Grand Canyon. Lus Chasma di sisi selatan ngarai memiliki panjang 840 kilometer, sedangkan Tithonium Chasma di sisi utara sepanjang 805 km.

Baca juga; Sensor Angin Penjelajah Mars Rusak Dihantam Kerikil

Sebagai perbandingan, Grand Canyon memiliki panjang 446 km dan lebih dari satu mil pada titik terdalamnya. Jika dibandingkan dengan kondisi di Bumi, Valles Marineris membentang dari ujung utara Norwegia ke ujung selatan Sisilia.
20 Kali Lebih Lebar dari Grand Canyon, Penampakan Ngarai Valles Marineris di Mars Begitu Mengesankan


Pandangan ESA dari dua jurang menangkap fitur permukaan Mars yang beragam, mulai dari bukit pasir gelap yang diciptakan oleh aktivitas gunung berapi di dekatnya. Berbagai pesawat ruang angkasa yang mempelajari Valles Marineris telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa air cair mungkin pernah mengisi ngarai.

Misi Mars Express mendeteksi tanda-tanda mineral sulfat yang mengandung air di area Ius Chasma dan Tithonium Chasma. Sementara Trace Gas Orbiter (TGO) ESA, bagian dari misi ExoMars, mendeteksi es air di bawah permukaan Candor Chaos, yang terletak di dekat pusat sistem ngarai masif.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1934 seconds (11.97#12.26)