5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain

Minggu, 31 Juli 2022 - 21:13 WIB
loading...
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain
Nikola Tesla merupakan salah satu penemu, pemikir hebat dan inovatif, sekaligus insinyur listrik dan mekanik paling produktif di akhir abad ke-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Nikola Tesla merupakan salah satu penemu , pemikir hebat dan inovatif, sekaligus insinyur listrik dan mekanik paling produktif di akhir abad ke-19. Nikola Tesla yang dilahirkan pada 10 Juli 1856 di Smiljan, Kroasia, mengajukan 278 paten dan beberapa telah diakui.

Dia terkenal karena kontribusinya pada desain sistem pasokan listrik arus bolak-balik (AC) modern. Penemuannya tentang arus bolak-balik (AC), motor induksi dan paten AC polifase membantunya dan perusahaannya mendapatkan banyak uang dan popularitas.

Salah satu penemuan terbaiknya adalah perahu yang dikendalikan nirkabel yang pertama kali ditampilkan dalam sebuah pameran. Selama tahun 1893 dia menyarankan bahwa ada kemungkinan komunikasi nirkabel dengan bantuan perangkatnya. Berikut 5 penemuan Tesla yang masih digunakan sampai sekarang dirangkum SINDOnews dari laman Historyhit dan steamdaily.

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain


Salah satu produk yang paling mengesankan dari kemitraan Tesla dengan George Westinghouse adalah Adams Power Station, pembangkit listrik tenaga air pertama di dunia. Pembangkit tenaga listrik inovatif ini mewujudkan harapan lama bahwa kekuatan mengagumkan Air Terjun Niagara, salah satu keajaiban alam paling spektakuler di Amerika Utara, dapat dimanfaatkan.

Proyek ini merupakan hasil tidak langsung dari sebuah kompetisi, yang diselenggarakan oleh Komisi Air Terjun Niagara Internasional, untuk menemukan rencana yang akan berhasil melakukan hal itu. Kompetisi ini menarik peserta dari seluruh dunia, termasuk proposal untuk mentransmisikan listrik DC yang didukung oleh Edison.



Tetapi pemimpin Komisi, Lord Kelvin, cukup terkesan dengan tampilan AC Westinghouse Electric di Pameran Dunia Chicago 1893 sehingga dia meminta Westinghouse dan Tesla untuk mengembangkan solusi transmisi AC. Proyek ini terbukti menantang dan mahal, tetapi meskipun skeptisisme meningkat di kalangan investor, Tesla tidak pernah ragu bahwa pada akhirnya akan terbukti sukses.

Akhirnya, pada 16 November 1896, stasiun itu diaktifkan dan listrik yang dihasilkan oleh Rumah Transformer Pembangkit Listrik Adams yang revolusioner mulai mengalir ke Buffalo, New York. Tak lama kemudian, sepuluh generator lagi dibangun dan energi dari pembangkit tersebut digunakan untuk melistriki New York City.

2. Grafik Bayangan (The shadowgraph)
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain


Penelitian Tesla yang kemungkinan kurang dikenal akibat kebakaran yang menghancurkan laboratoriumnya di New York pada 1895 adalah berkaitan dengan munculnya teknologi sinar-X. Ilmuwan Jerman Wilhelm Conrad Röntgen lebih dikenal mengembangkan sinar-X pertama pada 8 November di tahun yang sama, sebuah pencapaian terobosan yang membuatnya mendapatkan Hadiah Nobel perdana pada tahun 1901.

Terinspirasi oleh sinar-X Röntgen, Tesla memperbaharui minatnya dan mengembangkan Shadowgraph menggunakan tabung vakum. Gambarnya tentang sepatu dengan kaki di dalamnya, diproduksi pada tahun 1896, dianggap sebagai sinar-X pertama di Amerika.



3. Radio
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain


Saat ini radio adalah salah satu perangkat penting yang dibutuhkan saat bepergian ketika bosan melanda. Pencipta di balik hal yang luar biasa ini tidak lain adalah Nikola Tesla yang melakukan sejumlah besar penelitian dan eksperimen tentang gelombang radio.

Tesla mengajukan patennya pada tahun 1897 yang diberikan kepadanya pada tahun 1900. Namun, Guglielmo Marconi memiliki ide serupa, dan mengajukan patennya tetapi ditolak karena hampir sama dengan milik Tesla.

Marconi mengambil banyak ide dari Tesla dan memulai perusahaannya sendiri. Segera dia dapat mengirimkan sinyal yang mengesankan kantor paten, sehingga mengubah keputusan dan memberikan paten pada Marconi. Tesla tidak punya banyak uang untuk berjuang menyalin ide-idenya yang akhirnya membawa Marconi menjadi penemu radio.

Pada awal tahun 1895 Tesla siap mengirim sinyal radio sejauh 50 mil, dari labnya di 33 dan 35 South Fifth Avenue di Manhattan, ke West Point, New York. Namun, bencana melanda sebelum uji peletakan batu pertama dapat diselesaikan: kebakaran gedung menghancurkan Tesla's lab. Setahun kemudian, Marconi mengeluarkan paten telegram nirkabel pertamanya di Inggris.



4. Lampu Neon
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain


Lampu neon adalah contoh lain dari teknologi yang dikembangkan Tesla, bukan yang diciptakan. Tesla memiliki beberapa tabung Geißler dan mengamati bahwa mereka menyala berturut-turut saat dia menyesuaikan frekuensi kumparannya.

Penemuan kebetulan ini merupakan realisasi dramatis dari minatnya pada energi nirkabel. Pada tahun 1893, Tesla menampilkan pilihan lampu pelepasan yang menyala tanpa ditenagai oleh elektroda atau kabel di Pameran Dunia Chicago.

Memang Georges Claude dari Prancis menampilkan sepasang lampu neon tabung sepanjang 38 kaki di Paris Motor Show pada tahun 1910. Tapi itu sesuatu yang mirip dengan lampu neon yang telah dikembangkan beberapa dekade sebelumnya pada pertengahan abad ke-19 oleh Heinrich Geißler, fisikawan Jerman.



5. Motor Induksi
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain


Seperti banyak inovasi Tesla, penghargaan untuk penemuan motor induksi menjadi perebutan banyak pihak. Dalam hal ini, Tesla mengungguli penemu Italia Galileo Ferraris, yang mengembangkan teknologi yang sama pada waktu yang kurang lebih sama.

Meskipun Ferraris mempresentasikan konsepnya tentang motor yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk memutar rotornya terlebih dahulu, Tesla mengajukan patennya lebih dulu. Menggunakan elektromagnet untuk berputar, motor induksi Tesla saat ini menggerakkan barang-barang rumah tangga sehari-hari seperti penyedot debu, pengering rambut, dan perkakas listrik.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2987 seconds (0.1#10.140)