5 Hewan Invertebrata yang Unik, Nomor 1 Badannya Seperti Jeli

Senin, 01 Agustus 2022 - 21:45 WIB
loading...
5 Hewan Invertebrata yang Unik, Nomor 1 Badannya Seperti Jeli
Lebih dari 90 persen dari semua spesies hewan yang hidup adalah invertebrata. Hewan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki kolom vertebral atau tulang punggung. Foto/Britannica
A A A
JAKARTA - Invertebrata adalah hewan apa pun yang tidak memiliki kolom vertebral atau tulang punggung. Lebih dari 90 persen dari semua spesies hewan yang hidup adalah invertebrata.

Hewan invertebrata sangat beragam, seperti bintang laut, bulu babi, cacing tanah, bunga karang, ubur-ubur, lobster, kepiting, serangga, laba-laba, siput, kerang, dan cumi-cumi.

Dikutip SINDOnews dari laman britannica, Senin (1/8/2022), hewan invertebrata merupakan elemen kunci dalam rantai makanan yang mendukung burung, ikan, dan banyak spesies vertebrata lainnya; dan berperan penting dalam penyerbukan tanaman.

1. Ubur-Ubur
5 Hewan Invertebrata yang Unik, Nomor 1 Badannya Seperti Jeli


Ubur-ubur merupakan hewan yang tidak mempunyai tulang, otak, mata, dan jantung. Ubur-ubur punya tentakel yang berguna menangkap mangsa atau makanan.

Ubur-ubur juga punya 3 lapisan, pertama lapisan luar yang disebut dengan epidermis, kedua lapisan tengah yang disebut elastis, ketiga ada lapisan dalam yaitu gastrodermis. Lapisan tengah tubuh ubur-ubur diibaratkan semacam jeli atau biasa dinamakan mesoglea.



2. Bintang Laut
Bintang laut adalah invertebrata laut dari kelas Asteroidea (filum Echinodermata) yang memiliki lengan yang mengelilingi cakram pusat. Bintang laut punya lengan yang berfungsi sebagai menghisap dan menjepit pada saat bertahan di dalam laut.

Kira-kira ada 1.600 spesies bintang laut yang hidup di seluruh lautan, dan Pasifik utara memiliki variasi terbesar. Bintang laut bukan ikan, sebagian besar spesies berukuran 20 hingga 30 cm. Beberapa hanya berukuran 1 cm dan yang lainnya memiliki lebar 65 cm.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)