5 Cerita Sedih dan Aneh dari Binatang-binatang yang Dikirim ke Luar Angkasa

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 10:37 WIB
loading...
5 Cerita Sedih dan Aneh dari Binatang-binatang yang Dikirim ke Luar Angkasa
Ham si simpanse berhasil sukses saat menjadi penumpang pesawat luar angkasa Mercury No 5 . Foto/IST
A A A
JAKARTA - Belasan binatang telah dikirim manusia ke luar angkasa melalui berbagai ekspedisi khusus. Banyak cerita sedih dan aneh yang ternyata terjadi.

Demi eksperimen, manusia memang tidak pernah kehabisan binatang untuk dibawa ke luar angkasa. Sebagian dari mereka ada yang murni untuk penelitian dan sebagian lainnya justru hanya sekadar gimmick belaka.

Baru-baru ini saja European Space Agency (ESA) jadi pembicaraan karena mengirimkan karakter animasi Shaun the Sheep dalam misi pesawat luar angkasa NASA ke bulan, Artemis I. Mereka mengklaim Shaun the Sheep adalah "domba" pertama yang akan ada di luar angkasa.

Baca juga : Bangkit dari Kematian, Ilmuwan Berhasil Buat Babi Zombie

Menarik memang melihat gimmick-gimmick tersebut. Hanya saja banyak juga kisah sedih yang dialami para binatang saat dikirim ke luar angkasa.

Berikut ini beberapa kisah di antaranya:

1. Laika si Anjing Uni Soviet yang Malang
5 Cerita Sedih dan Aneh dari Binatang-binatang yang Dikirim ke Luar Angkasa


Laika adalah anjing percobaan yang dikirim Uni Soviet ke luar angkasa. Anjing itu menjadi sejarah karena jadi hewan pertama yang sampai ke luar angkasa.

Masalahnya adalah perjalanan ke luar angkasa itu adalah misi bunuh diri buat Laika. Pasalnya Laika memang diprediksi akan mati di hari ketujuh karena kehabisan oksigen.

Masalahnya adalah saat itu teknologi masih kurang canggih. Alhasil Laika ketakutan saat pesawat luar angkasa mulai terbang. Detak jantungnya melonjak tiga kali lipat dari biasanya, dan laju napasnya empat kali lipat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1227 seconds (10.55#12.26)