Mirip Monster Loch Ness, Belut Raksasa Teryata Masih Hidup di Indonesia

Selasa, 09 Agustus 2022 - 12:16 WIB
loading...
Mirip Monster Loch Ness, Belut Raksasa Teryata Masih Hidup di Indonesia
Belut Raksasa teryata masih hidup di Indonesia. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Misteri monster Loch Ness yang terkenal di Skotlandia bisa jadi "masuk akal." Pasalnya hingga kini ada belut berukuran raksasa yang masih hidup di muka bumi termasuk di Indonesia.

Seperti dilansir dari Mashable SEA, belut berukuran raksasa jarang ditemukan dari hasil budidaya, namun umumnya belut ini ditemukan di lautan yang ada di berbagai belahan dunia.



Belut seperti ini sering dicari sebagai bahan makanan untuk beberapa masakan, terutama hidangan Jepang dan China.

Namun, menemukan belut sebesar itu adalah hal yang langka. Biasanya belut raksasa yang ditemukan hanya memiliki panjang antara dua hingga lima kaki orang dewasa.

Namun, untuk beberapa spesies belut tertentu dapat tumbuh hingga dua kali lipatnya. Spesies belut itu dinamakan spesies Gymnothorax javanicus, atau dikenal juga dengan nama Giant moray.

Belut raksasa juga pernah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya ditemukan oleh warga Dusun Pandian, Desa Randuagung, Kecamatan Sumberjambe, Jember.

Penemuan belut raksasa tersebut membuat heboh warga karena panjangnya yang sekitar 1,46 meter dengan berat sekitar 20 kg.

Di Indonesia seperti pulau Jawa , belut dikenal dengan sebutan welut atau lindung, sedangkan di Manado belut ini dikenal dengan nama sugili atau sugile.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)