Ilmuwan Buat Pelapis Cat Mobil yang Bisa Hilangkan Goresan saat Terpapar Matahari

Rabu, 10 Agustus 2022 - 06:30 WIB
loading...
Ilmuwan Buat Pelapis Cat Mobil yang Bisa Hilangkan Goresan saat Terpapar Matahari
Pelapis cat mobil temuan KRICT bisa memperbaiki goresan secara otomatis dengan bantuan sinar matahari. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ilmuwan dari Korea Research Institute of Chemical Technology (KRICT) berhasil membuat pelapis cat mobil yang bisa menghilangkan goresan saat terpapar sinar matahari. Lapisan transparan itu diklaim dapat menghilangkan goresan tanpa alat apa pun dalam waktu 30 menit kecuali mengandalkan sinar matahari.

Ilmuwan dari KRICT mengembangkan teknologi coating atau pelapis cat mobil karena adanya kebutuhan yang tinggi di pengguna kendaraan roda empat. Saat ini coating yang tersedia hanya bisa melindungi body mobil dari goresan.

Namun tetap saja banyak body mobil tetap tergores meski telah menggunakan pelapis cat atau coating. Pasalnya material pelindung tersebut umumnya terdiri dari dua.

Pertama pelapis yang dibuat dengan molekul bebas memiliki efisiensi penyembuhan diri yang tinggi, tetapi memiliki daya tahan yang rendah. Sebaliknya pelapis dengan bahan kekerasan tinggi memiliki daya tahan yang sangat baik tapi memiliki kinerja penyembuhan diri yang sangat buruk.

Dari situ dibutuhkan pelapis cat mobil yang memang bisa sembuh sendiri dan memiliki daya tahan yang sangat baik. Hal itu yang coba dilakukan tim peneliti KRICT, Dr Jin Chul Kim, Dr Young il Park, dan Dr Ji-Eun Jeong. Mereka berhasil mengembangkan bahan pelapis transparan yang memenuhi kriteria itu.

Memiliki durabilitas tinggi dan juga bisa menghilangkan goresan dengan bantuan sinar matahari. Terutama cahaya inframerah dekat di bawah sinar matahari , dalam kisaran panjang gelombang 1.000 hingga 1.100 nm.

Baca juga : Adu Keren Mobil Listrik Indonesia dengan Punya Thailand



Untuk mendemonstrasikan kinerja penyembuhan diri dari bahan pelapis yang dikembangkan, tim peneliti melapisi mobil model skala laboratorium menggunakan mesin pelapis semprot. Ketika model mobil terkena sinar matahari tengah hari selama sekitar 30 menit, goresan benar-benar hilang dan permukaan bahan pelapis dipulihkan.

Disebutkan Eureka Alert, pelapis cat mobil yang bisa menghilangkan goresan sendiri itu bekerja dengan cara yang khusus. Saat sinar matahari terserap oleh pelapis cat mobil itu maka energi cahaya diubah menjadi energi panas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1326 seconds (11.210#12.26)