90 Persen Tukik yang Menetas di Florida Betina, Bikin Ilmuwan Khawatir

Kamis, 11 Agustus 2022 - 19:14 WIB
loading...
90 Persen Tukik yang Menetas di Florida Betina, Bikin Ilmuwan Khawatir
Hampir semua, sekitar 90 persen, tukik (anak penyu) yang menetas di beberapa pantai Florida berjenis kelamin betina. Foto/boingboing
A A A
FLORIDA - Hampir semua, sekitar 90 persen, tukik (anak penyu) yang menetas di beberapa pantai Florida berjenis kelamin betina. Kondisi ini membuat para ilmuwan khawatir karena perubahan iklim dan gelombang panas berdampak nyata bagi kehidupan.

Menurut Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida atau Florida Fish and Wildlife Conservation Commission, ada lima spesies penyu yang berbeda ditemukan di Florida, termasuk penyu tempayan (Caretta caretta) dan penyu hijau (Chelonia mydas). Bette Zirkelbach, manajer Rumah Sakit Penyu di Florida Keys, kepada Reuters mengatakan, selama empat tahun terakhir belum menemukan penyu jantan.

“Tebakan terbaik kami adalah bahwa penentuan jenis kelamin bergantung pada suhu lingkungan berasal karena reptil tidak dierami induknya dan telur berinteraksi erat dengan lingkungan,” kata Diego Cortez, ahli biologi di National Autonomous University of Mexico di Mexico City, kepada Live Science dikutip SINDOnews, Kamis (11/8/2022).

Baca juga; Penyu Hijau Ini Ternyata Memberi Tahu Peneliti Kalau Gunung Tonga Akan Meletus

Suhu memainkan peran utama dalam menentukan jenis kelamin penyu yang sedang berkembang. Rasio jenis kelamin kura-kura ditentukan oleh suhu saat inkubasi. Suhu yang lebih tinggi pada inkubasi menghasilkan lebih banyak betina.

“Kita juga tahu bahwa suhu inkubasi yang tinggi mempercepat perkembangan embrio. Jadi, jenis kelamin terkait erat dengan suhu inkubasi sehingga suhu yang lebih tinggi akan menetas lebih awal,” tambah Cortez.

Perubahan iklim meningkatkan suhu pasir tempat penyu bersarang menempatkan telurnya menyebabkan rasio jenis kelamin penyu condong ke betina. Dengan banyak jumlah betina dalam populasi penyu dapat mengurangi kemampuan bereproduksi ketika mencapai usia dewasa, dan akhirnya meningkatkan risiko kepunahan.

Baca juga; Dosen Unair Rancang Teknologi Inkubator Buatan Penetasan Penyu
90 Persen Tukik yang Menetas di Florida Betina, Bikin Ilmuwan Khawatir


Fenomena rasio jenis kelamin yang aneh tidak hanya mempengaruhi Florida. Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, menemukan bahwa penyu hijau memiliki 99 persen bias jenis kelamin betina di pantai Great Barrier Reef utara yang lebih hangat. Kemudian 65% hingga 69% bias jenis kelamin betina di daerah pantai selatan yang lebih dingin.

Menurut NOAA, ambang suhu untuk menentukan jenis kelamin penyu adalah 81,9 derajat Fahrenheit atau 27,7 derajat Celcius. Telur penyu yang diinkubasi di bawah suhu 81,9 derajat Fahrenheit menetas jantan dan kura-kura diinkubasi di atas suhu 81,9 derajat Fahrenheit menetas betina.

Sementara fluktuasi suhu di atas dan di bawah ambang batas ini menghasilkan campuran jantan dan betina. Proses ini disebut penentuan jenis kelamin yang bergantung pada suhu dan mempengaruhi berbagai hewan, termasuk buaya, ikan, dan beberapa kadal.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1452 seconds (11.252#12.26)