Penyu Hijau Ini Ternyata Memberi Tahu Peneliti Kalau Gunung Tonga Akan Meletus

Senin, 14 Februari 2022 - 20:23 WIB
loading...
Penyu Hijau Ini Ternyata Memberi Tahu Peneliti Kalau Gunung Tonga Akan Meletus
Letusan gunung berapi Tonga pada 14 Januari 2022 lalu ternyata sudah diketahui seekor penyu yang dibernama Tilly. Foto/Christian Miller CTRC
A A A
JAKARTA - Letusan gunung berapi Tonga yang terletak sekitar 40 mil di utara ibu kota Tonga, Nuku'alofa ternyata sudah diketahui seekor penyu yang diberi nama Tilly.

Penyu yang dilepas liarkan itu padahal baru tiba di sekitar Gunung Tonga dan tiba-tiba saja menjauh dari gunung berapi tersebut.

Jennifer Gilbert dari Pusat Rehabilitasi Penyu Cairns (CTRC) mengatakan kepada IFL Science bahwa Tilly si kura-kura hijau tahu bahwa gunung Tonga akan meletus.

Tilly yang dilepas di pantai Australia dengan membawa pelacak satelit yang akan memantau pergerakannya sekitar 10 minggu sebelum gunung Tonga meletus. Penyyu hijau itu terlacak selama 47 hari berenang langsung menuju Tonga.



Kemudian dengan sangat tiba-tiba, Tilly keluar dari perairan di sekitar gunung Tonga . Keesokan harinya, gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus, memicu tsunami dan hujan abu yang menghancurkan pulau-pulau terdekat.



"Kami memantau perjalanan Tilly melalui pelacak satelit yang terpasang. Kura-kura itu menghindari perairan sekitar gunung Tonga dengan tiba-tiba sehari sebelum Tonga meletus. Ini jelas bukan kebetulan tapi dia tahu apa yang akan terjadi," katanya seperti dilansir IFL Science, Senin (14/2/2022).

Begitu juga ketika Tilly tiba-tiba mengalihkan perjalanan menuju Great Barrier Reef dan menghindari sekitar perairan Queensland utara yang ternyata terjadi gempa susulan kecil.

"Gempa itu tidak cukup besar untuk menimbulkan kerusakan, tetapi bertepatan dengan Tilly mengalihkan jalannya sekali lagi," ujar Gilbert.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4193 seconds (0.1#10.140)