Ilmuwan Temukan Teori Asal Muasal Terbentuknya Bumi

Minggu, 14 Agustus 2022 - 09:45 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Teori Asal Muasal Terbentuknya Bumi
Ilmuwan temukan teori terbentuknya bumi. foto/ IST
A A A
Sebuah studi baru menyebut bahwa Bumi terbentuk setelah benua itu dihantam meteorit raksasa sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu.

Seperti dilansir dari Unilad, (14/8/2022), temuan itu diperoleh setelah peneliti dari Curtin University di Perth, Australia menganalisis kristal mineral zirkon dari Pilbara Craton untuk menyelidiki asal usul batu tersebut.

BACA JUGA - Bumi Bocor! Air Danau Terbesar di Turki Menghilang
dr. Tim Johnson dari Curtin's School of Earth and Planetary Sciences mengatakan penelitian tersebut memberikan bukti kuat pertama dari proses yang akhirnya membentuk benua Bumi yang dimulai dengan dampak meteorit raksasa.

"Itu adalah meteorit yang sama yang bertanggung jawab atas kepunahan dinosaurus miliaran tahun lalu,''

“Sepanjang sejarah 4,5 miliar tahun terakhir di bumi, daratan yang terpecah dan hanyut telah disatukan kembali. Ini adalah hasil panas dari proses radioaktif di bagian planet yang menyebabkan lempeng-lempeng ini bergerak,''

"Namun, sebagian besar kerak akan menjadi kuat, permanen dan stabil sepanjang waktu dan proses ini dikenal sebagai kraton," katanya.

Kraton adalah sepotong kerak planet yang tetap utuh selama miliaran tahun, sementara potongan lainnya telah pecah dan bergerak membentuk benua.

dr. Johnson mengklaim ini adalah bukti terkuat dari teori berusia puluhan tahun tentang benua Bumi yang dibentuk oleh dampak meteorit raksasa.

Ia menekankan bahwa pemahaman tentang pembentukan dan evolusi benua yang berkelanjutan itu penting karena manusia sangat bergantung padanya.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1845 seconds (10.101#12.26)