Elon Musk Beri Bocoran Soal Robot Humanoid Tesla

Rabu, 17 Agustus 2022 - 18:34 WIB
loading...
Elon Musk Beri Bocoran Soal Robot Humanoid Tesla
Robot humanoid Tesla diperkirakan bakal rilis akhir 2022, dan menjadi pendamping manusia. Foto: ZDNet
A A A
AMERIKA - Elon Musk baru saja membeberkan detail tentang robot humanoid Tesla. Robot berjuluk Optimus itu akan segera dirilis pada akhir 2022 mendatang.

Dalam postingannya di majalah terbitan China, China Cyberspace, Musk menyebut bahwa robot humanoid ini akan memiliki wujud seperti manusia dengan tinggi yang mendekati tinggi orang dewasa.

Bobotnya pun sama dengan bobot ideal orang dewasa dan mampu membawa beban berat, berjalan cepat, hingga berkomunikasi dengan manusia lewat layar kecil di bagian wajahnya.

”Jika kita ingin robot beradaptasi dengan lingkungannya dan dapat melakukan apa yang dilakukan manusia, ia harus memiliki ukuran, bentuk, dan kemampuan yang kurang lebih sama dengan manusia,” kata Musk, dilansir dari ZDNet.

Lebih lanjut, Musk memaparkan bahwa robot itu nantinya dapat menggantikan tugas manusia sekaligus juga melayani manusia seperti memasak, memotong rumput, dan merawat orang tua.

”Kami berencana untuk meluncurkan purwarupa pertama robot humanoid tahun ini dan fokus pada peningkatan kecerdasan robot itu dan memecahkan masalah produksi skala besar,” ungkap Musk.

”Setelah itu, kegunaan robot humanoid akan meningkat setiap tahun seiring dengan meningkatnya skala produksi dan turunnya biaya. Di masa depan, robot rumahan mungkin lebih murah daripada mobil,” tambahnya.

BACA JUGA: Promo Honda di GIIAS 2022, Bisa Nyicil Brio Cuma Modal Rp2 Juta!

Musk mengatakan saking murahnya, robot bahkan bisa dibeli sebagai sebuah hadiah ulang tahun dari anak kepada orang tua. Menurutnya ini mungkin akan terjadi dalam kurang dari satu dekade mendatang.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1633 seconds (10.101#12.26)