Lapisan Berlian Tebal Diklaim Berada di Bawah Permukaan Merkurius?

Kamis, 27 Juni 2024 - 20:05 WIB
Lapisan Berlian Tebal Diklaim Berada di Bawah Permukaan Merkurius?
Lapisan Berlian Tebal Diklaim Berada. FOTO/ IFC Science
WAHYU BUDI SANTOSO - Sebuah studi baru yang didasarkan pada pemodelan komputer menunjukkan bahwa karbon di planet Merkurius mungkin telah terkompresi menjadi lapisan berlian setebal beberapa kilometer di bawah kerak planet.

Penelitian ini, yang dipimpin oleh Dr. Yongjiang Xu dari Pusat Penelitian Lanjutan Sains dan Teknologi Tekanan Tinggi China, menunjukkan bahwa tekanan dan panas yang ekstrem di Merkurius selama tahap awal pembentukannya dapat telah mengubah karbon menjadi karbon padat, seperti berlian.

Seperti dilansir dari IFL Science, temuan ini mencengangkan dan memiliki implikasi yang signifikan untuk pemahaman kita tentang Merkurius dan planet berbatu lainnya di tata surya kita.

Pesawat luar angkasa MESSENGER telah mengungkapkan bahwa Merkurius memiliki kandungan karbon yang jauh lebih tinggi daripada Bumi. Karbon ini sebagian besar ditemukan dalam bentuk grafit, yang merupakan bentuk karbon yang umum.

Selama tahap awal pembentukan Merkurius, planet ini mengalami tekanan dan panas yang ekstrem. Kondisi ini dapat menyebabkan karbon terkompresi menjadi bentuk yang lebih padat, seperti berlian.

Para peneliti menggunakan model komputer untuk mensimulasikan kondisi di Merkurius selama pembentukannya. Model ini menunjukkan bahwa karbon memang dapat diubah menjadi berlian di bawah tekanan dan panas yang ekstrem.

Temuan ini menunjukkan bahwa Merkurius mungkin memiliki lapisan berlian yang besar di bawah keraknya. Hal ini juga menunjukkan bahwa planet berbatu lainnya di tata surya kita mungkin memiliki lapisan berlian juga.

Meskipun penelitian ini menarik, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Para ilmuwan masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi keberadaan lapisan berlian di Merkurius.

Namun, temuan ini menunjukkan bahwa Merkurius adalah planet yang jauh lebih kompleks daripada yang kita duga sebelumnya. Planet ini mungkin menyimpan banyak rahasia yang menunggu untuk diungkap.