4 Monyet Terbesar di Dunia, Nomor 2 Terancam Punah

Rabu, 24 Agustus 2022 - 18:01 WIB
loading...
A A A


3. Chacma Babon, 44,9 Kg
4 Monyet Terbesar di Dunia, Nomor 2 Terancam Punah


Babon Chacma dapat memiliki berat hingga 99 pon atau sekitar 44,9 Kg! Babon Chacma adalah spesies babon terbesar dan merupakan monyet terbesar di dunia berdasarkan panjangnya. Panjang babon dewasa bisa mencapai 45 inci dan panjang ekor hingga 33 inci.

Babon ditemukan di Afrika bagian selatan termasuk Afrika Selatan, Angola, Zambia, Botswana, Zimbabwe, dan Mozambik. Babon chacma memiliki status konservasi yang paling tidak diperhatikan, padahal termasuk mangsa yang populer. Predator umum untuk babon chacma adalah macan tutul.



4. Babon Zaitun, 37,1 Kg
4 Monyet Terbesar di Dunia, Nomor 2 Terancam Punah


Babon zaitun jantan dapat memiliki berat 82 pon atau 37,1 Kg! Babon zaitun memiliki jangkauan geografis spesies babon terbesar dan mendiami 25 negara Afrika. Mereka biasanya hidup di sabana atau ekosistem tipe hutan dalam kelompok besar hingga 150 individu.



Sebagai spesies babon yang paling tersebar luas, babon zaitun sangat mudah beradaptasi. Meskipun mereka paling umum di sabana, mereka juga diketahui menghuni padang rumput beriklim sedang, hutan sungai, daerah tebing berbatu, hutan hijau, dan bahkan hutan tropis di Uganda. Oleh karena itu babon zaitun menghuni banyak daerah dengan iklim yang sangat berbeda.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3063 seconds (0.1#10.140)