5 Burung yang Tidak Bisa Terbang, Nomor 3 Ada di Indonesia

Selasa, 30 Agustus 2022 - 11:17 WIB
loading...
5 Burung yang Tidak Bisa Terbang, Nomor 3 Ada di Indonesia
Secara umum burung dikenal sebagai hewan yang mampu terbang untuk menangkap mangsa atau menghindari pemangsa. Namun, ada sekelompok burung yang tak bisa terbang. Foto/a-n-animals
A A A
JAKARTA - Secara umum burung dikenal sebagai hewan yang mampu terbang untuk menangkap mangsa atau menghindari pemangsa. Jadi kemampuan terbang adalah salah satu ciri khas sebagian besar burung.

Namun, ada sekelompok burung yang tidak memiliki kemampuan untuk terbang. Ada beberapa burung yang tidak bisa terbang sama sekali, dan menjalani seluruh hidup mereka di atas tanah. Berikut 5 burung yang tidak bisa dterbang dirangkum SINDOnews dari laman a-n-animals, Selasa (30/8/2022).

1.Burung Unta
5 Burung yang Tidak Bisa Terbang, Nomor 3 Ada di Indonesia


Burung Unta adalah anggota terbesar dari ratite infraclass Palaeognathae dan burung paling masif yang masih ada di dunia. Karena ukurannya yang besar, sayapnya yang kecil membuat mereka termasuk di antara burung-burung yang tidak bisa terbang.

Baca juga; Mengambil Hikmah dari Perilaku Burung Unta yang Unik

Namun, mereka tetap menggunakan sayapnya untuk keseimbangan saat berlari, juga untuk memikat pasangan. Mereka dapat berlari hingga 43,5 mil per jam, menjadikannya burung tercepat di darat. Selain itu, mereka juga dikenal memiliki telur terbesar disbanding hewan apa pun di darat.

2.Penguin Kaisar
5 Burung yang Tidak Bisa Terbang, Nomor 3 Ada di Indonesia


Penguin kaisar adalah salah satu burung paling terkenal yang tidak bisa terbang di dunia. Penguin kaisar hanya hidup di Antartika dan membagi waktu mereka antara pantai dan perairan dalam. Mampu menahan napas hingga 20 menit, mereka bisa menyelam hingga kedalaman 1.755 kaki.

Baca juga; Fotografer Satwa Liar Temukan Penguin Albino yang Sangat Langka

Penguin kaisar merupakan spesies penguin terbesar, berdiri hingga 39 inci dan memiliki berat 49 sampai 99 pon. Mempunyai bulu hitam di wajah dan punggung, sedangkan di perut berwarna putih, dan kuning di sekitar leher.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1941 seconds (11.252#12.26)