Alam Semesta Akan Suguhkan Fenomena Super Langka dalam Waktu Dekat

Selasa, 30 Agustus 2022 - 15:05 WIB
Ini disimpulkan dari osilasi dalam cahaya yang dipancarkan dari pusat galaksi galaksi-galaksi ini, pada skala waktu reguler yang menunjukkan orbit.

Ini membawa kita kembali ke J1430+2303. Awal tahun ini, tim astronom yang dipimpin oleh Ning Jiang dari Universitas Sains dan Teknologi China mengunggah makalah ke server pracetak arXiv, yang menggambarkan beberapa perilaku yang sangat aneh.

Selama periode tiga tahun, osilasi dalam inti galaksi tumbuh lebih pendek dan lebih pendek, dari periode waktu sekitar satu tahun, turun menjadi hanya satu bulan. Namun, tidak sepenuhnya jelas bahwa apa yang terjadi di jantung J1430+2303 adalah hasil dari biner lubang hitam sama sekali.

Inti galaksi adalah tempat yang aneh, mengeluarkan sinyal yang sulit untuk ditafsirkan, artinya mungkin ada hal lain yang menyebabkan variabilitas di jantung J1430+2303. Untuk mencoba sampai ke dasar materi, para astronom beralih ke panjang gelombang sinar-X.

Menggunakan data dari berbagai observatorium sinar-X, yang mencakup periode waktu 200 hari, sebuah tim yang dipimpin oleh Liming Dou dari Universitas Guangzhou di China telah berusaha untuk mengidentifikasinya dan menemukan energi yang sangat tinggi.

Mereka melihat variasi dalam cahaya sinar-X yang dipancarkan oleh galaksi, serta jenis emisi yang terkait dengan besi yang jatuh ke lubang hitam, yang dideteksi tim dengan tingkat kepercayaan 99,96 persen dari dua instrumen berbeda. Emisi ini dapat dikaitkan dengan lubang hitam supermasif biner.