Fosil Nenek Moyang Dinosaurus Ditemukan dalam Keadaan Utuh

Senin, 05 September 2022 - 14:38 WIB
Fosil Nenek Moyang Dinosaurus Ditemukan dalam Keadaan Utuh
Seorang Guru bernama Lisa Cormier menemukan fosil tersebut ketika sedang berjalan di Cape Egmont Selandia Baru FOTO/ IST
CAPE TOWN - Seorang guru wanita menemukan tulang belulang hewan yang diyakini hidup 50 juta tahun lebih awal dari dinosaurus di Kanada baru-baru ini.

Seorang Guru bernama Lisa Cormier menemukan fosil tersebut ketika sedang berjalan di Cape Egmont Selandia Baru, dia melihat sesuatu yang tidak biasa terkubur sebagian di pantai.

Awalnya Lisa mengira apa yang dilihatnya adalah akar.

Pada pemeriksaan lebih dekat, ia kemudian menyadari bahwa ada tulang rusuk, tulang belakang dan tengkorak.

John Calder, ahli geologi dan paleontologi yang menangani kasus tersebut, menduga tulang tersebut berasal dari kadal atau hewan yang berkerabat dekat.

Dinosaurus diperkirakan hidup sekitar 245 juta tahun yang lalu dan kemudian punah sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Sebelumnya beberapa hari lalu, para arkeologi pada hari Rabu lalu, mengumumkan penemuan tulang dinosaurus tertua di Afrika di Zimbabwe yang menjelajahi bumi sekitar 230 juta tahun yang lalu.

Dinosaurus itu, bernama Mbiresaurus Raathi, tingginya sekitar satu meter dengan ekor yang panjang dan beratnya mencapai 30 kilogram, menurut tim paleontologi internasional yang membuat penemuan itu.

"Ia berjalan dengan dua kaki dan memiliki kepala yang relatif kecil," kata Christopher Griffin, ilmuwan yang menemukan tulang pertama kepada AFP.

Dinosaurus kemungkinan memakan tumbuhan, hewan kecil, dan serangga.