Perbedaan Ular Piton dan Anaconda yang Harus Diketahui

Senin, 05 September 2022 - 17:15 WIB
loading...
Perbedaan Ular Piton dan Anaconda yang Harus Diketahui
Perbedaan Ular Piton dan Anaconda. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Perbedaan Ular Piton dan Anaconda mempunyai ciri khas yang sangat mencolok dan tidak diragukan lagi. Pasalnya ular Piton dan Anaconda adalah dua jenis ular yang paling terkenal dengan kekuatan lilitannya.

Siapa yang tidak tau dua jenis ular ini? selain memiliki lilitan yang kuat, ular Piton dan Anaconda juga memiliki ukuran tubuh yang sama-sama besar. Banyak orang mengira bahwa kedua jenis hewan ini adalah sama. Padahal ular Piton dan Anaconda berada pada dua keluarga ular yang beda.



Ular Piton merupakan jenis ular dari spesies Pythonidae, ular ini terkenal dengan nama ular sanca. Ular Piton banyak dijumpai di wilayah Asia, Afrika dan Australia. Sebanyak 40 spesies dari ular Piton ini dapat ditemukan hidup di daerah tropis dan subtropis. Tidak hanya melata di darat, biasanya ular piton juga ditemukan melingkar di dahan pohon.

Sementara Anaconda adalah jenis ular dari spesies Boa. Anaconda biasanya dapat ditemukan di Amerika Selatan dan lembah Amazon. Ular jenis ini sangat suka menempati rawa-rawa, sungai tropis dan padang rumput. Anaconda selalu menghabiskan waktunya untuk berenang dan bersembunyi di dalam sungai yang keruh dengan aliran airnya yang lambat.

Ular Piton dan Anaconda bukanlah jenis ular berbisa, meskipun demikian keduanya mampu membunuh musuh dengan menggunakan kekuatan dari lilitannya untuk meremukkan lawan. Ular Piton dan Anaconda juga merupakan dua jenis ular yang sangat gesit bergerak di dalam air.

Meski memiliki beberapa kesamaan, adapun perbedaan lain dari ular Piton dan Anaconda ini.

1. Ular Piton memiliki ukuran tubuh sepanjang 7 hingga 10 meter dengan beratnya 150 kilogram, sementara Anaconda memiliki panjang tubuh mencapai 8 meter dengan berat mencapai 250 kilogram. Meski sama-sama besar, namun tubuh ular Piton sangat panjang dengan berat yang lebih ringan, berbeda dengan Anaconda yang lebih pendek tetapi memiliki tubuh yang tebal dan berat. Bahkan lingkaran perut pada Anaconda dapat mencapai 1 meter.

2. Kecepatan gerak yang dimiliki ular Piton mencapai 1-3 mph jika berada di dalam air, di darat dan memanjat pepohonan. Sementara kecepatan gerak yang dimiliki Anaconda mencapai 5 mph di darat dan 10 mph di air.

3. Ular Piton sangat baik menyembunyikan dirinya dengan berkamuflase sehingga dirinya sukar untuk ditemukan. Sedangkan Anaconda melindungi diri dengan berenang di air, dengan matanya yang terdapat lebih tinggi di atas kepala memudahkan ular raksasa ini menangkap mangsanya dari dalam air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)