4 Astronot China Paling Terkenal di Dunia, 2 Diantaranya Taikonot Wanita

Jum'at, 16 September 2022 - 17:03 WIB
loading...
4 Astronot China Paling Terkenal di Dunia, 2 Diantaranya Taikonot Wanita
Terdapat empat astronot China paling terkenal yang perlu diketahui. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat astronot China paling terkenal yang perlu diketahui. Astronot merupakan sebutan bagi orang yang telah menjalani pelatihan khusus dan menjalankan perjalanan ke luar angkasa dalam berbagai misi yang telah ditentukan.

China sendiri menjulukinya sebagai Taikonot. Adapun istilah ini diambil dari kata Taikong yang berarti luar dalam bahasa China. Dalam sejarahnya, tercatat ada beberapa taikonot China yang menjalankan berbagai misi di luar angkasa.

Baca juga : Luar Angkasa Berbahaya untuk Kesehatan, Masih Minat Jadi Astronot?

Berikut empat astronot China paling terkenal yang telah menempuh berbagai misi di luar angkasa.

1. Yang Liwei

Yang Liwei merupakan astronot China pertama yang dikirim ke luar angkasa oleh Chinese Space Program. Dikutip dari Britannica, pria kelahiran 21 Juni 1965 ini mendaftar di Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) pada 1983. Kala itu, dia terpilih untuk masuk perguruan tinggi penerbangan Angkatan Udara PLA.

Lulus pada 1987, Yang Liwei menjadi pilot pesawat tempur dengan sekitar 1.350 jam terbang. Pada 1998, dia mejadi salah satu orang yang terpilih untuk mengikuti pelatihan astronot dalam program penerbangan luar angkasa berawak China.

Dikutip dari laman Pantheon, pada Oktober 2003 Yang Liwei menjadi orang pertama yang dikirim ke luar angkasa oleh China dalam misi Shenzhou 5. Hal ini menjadikan Negeri Tirai Bambu sebagai negara ketiga yang secara mandiri mengirim astronotnya ke luar angkasa.

2. Wang Yaping

Wang Yaping merupakan taikonot wanita China yang sukses melakukan misi berjalan di luar angkasa. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, wanita kelahiran 1980 ini turut serta dalam misi luar angkasa Shenzhou-13.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1851 seconds (10.177#12.26)