Lambung Retak, AS Pensiunkan Kapal Perang Canggih LCS Coronado

Senin, 19 September 2022 - 08:21 WIB
loading...
Lambung Retak, AS Pensiunkan Kapal Perang Canggih LCS Coronado
Angkatan Laut Amerika Serikat terpaksa mempensiunkan salah satu kapal perang canggih yang dimiliki LCS Coronado atau LCS-4 karena mengalami keretakan pada lambungnya. Foto/Wikiipedia/BulgarianMilitary
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat terpaksa mempensiunkan salah satu kapal perang canggih yang dimiliki LCS Coronado atau LCS-4 karena mengalami keretakan pada lambungnya. Padahal kapal jenis Littoral Combat Ship (LCS) kelas Independence ini baru bertugas selama 8 tahun.

Keputusan untuk menonaktifkan kapal perang ini sudah dilakukan sejak lama, namun pada 14 September secara resmi dipensiunkan. Selain LCS Coronado, dua kapal lagi sudah pensiun, termasuk USS Independence (LCS-2). Salah satu dari tiga kapal LCS yang pensiunan termasuk dari kelas Freedom, yaitu LCS Freedom (LCS-1).

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Senin (19/9/2022) sebanyak 19 kapal LCS kelas Independence dioperasikan oleh Angkatan Laut AS. Saat ini, tiga sudah dinonaktifkan, 12 dalam layanan aktif, dan sisanya dalam proses dipersenjatai atau dalam produksi.

LCS Coronado yang sekarang sudah pensiun tidak memainkan peran utama dalam kemampuan pertahanan AS. Fungsinya terutama sebagai platform pengujian dan pelatihan.

Baca juga; Spesifikasi Moskva, Kapal Perang Rusia yang Sempat Tenggelam saat Perang dengan Ukraina

Kapal kelas Independence ini memiliki masalah struktural yang serius, tidak hanya keretakan pada lambung kapal, juga korosi (karat) yang cepat pada logam. Para ahli mengatakan bahwa inilah penyebab kapal tidak memiliki kecepatan yang diharapkan.

Masalah yang dialami kapal perang jenis LCS ini membuat Taiwan berpikir ulang untuk menggunakannya. Pakar militer Taiwan mengatakan kemungkinan akuisisi beberapa kapal dari salah satu atau kedua kelas kapal sedang dibahas.

Taiwan menyadari masalah teknis kapal dan biaya pemeliharaan yang besar. “Taiwan sedang mengevaluasi dan terlalu dini untuk memberikan jawaban pasti apakah akan diakuisisi atau tidak,” kata Wakil Menteri Pertahanan Taiwan Alex Poe dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military.

Littoral Combat Ship (LCS) adalah platform yang cepat, gesit, dan berfokus pada misi yang dirancang untuk beroperasi di lingkungan dekat pantai, menang melawan ancaman pantai abad ke-21. LCS mampu mendukung kehadiran ke depan, keamanan maritim, kontrol laut, dan pencegahan.

Baca juga; Takut Jatuh ke Rusia, Ukraina Tenggelamkan Kapal Perang Kebanggaannya
Lambung Retak, AS Pensiunkan Kapal Perang Canggih LCS Coronado


Littoral Combat Ship (LCS) adalah kelas Small Surface Combatants yang dipersenjatai dengan kemampuan untuk mengalahkan tantangan global di pesisir. LCS dirancang untuk menyediakan akses kekuatan gabungan di daerah pesisir. LCS dapat beroperasi secara independen atau di lingkungan dengan ancaman tinggi sebagai bagian dari kekuatan tempur jaringan yang mencakup kombatan permukaan multi-misi yang lebih besar.

Kelas LCS terdiri dari dua varian, varian Freedom dan varian Independence, dirancang dan dibangun oleh dua tim industri. Varian Freedom dibuat oleh Lockheed Martin dengan desain monohull dari baja dan varian Independence adalah desain trimaran aluminium yang dibuat General Dynamics Bath Iron Works untuk LCS 2 dan LCS 4.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1903 seconds (10.101#12.26)