Pengebom Su-34 Rusia Hancurkan Bengkel Senjata Ukraina dengan Rudal Kh-29

Selasa, 20 September 2022 - 17:56 WIB
loading...
Pengebom Su-34 Rusia Hancurkan Bengkel Senjata Ukraina dengan Rudal Kh-29
Pesawat tempur pengebom Su-34 Rusia menghancurkan bengkel senjata Ukraina dengan menggunakan rudal udara ke permukaan Kh-29. Foto/TASS
A A A
MOSKOW - Pesawat tempur pengebom Su-34 Rusia menghancurkan bengkel senjata Ukraina dengan menggunakan rudal udara ke permukaan Kh-29. Bengkel pabrik Iskra di Zaporizhzhia sebelumnya digunakan untuk menyimpan sistem rudal HIMARS yang dipasok Amerika Serikat (AS).

Awak pesawat tempur pengebom Su-34 menggunakan rudal Kh-29 presisi tinggi untuk menyerang target dari jarak hingga 30 kilometer selama operasi militer khusus Rusia di Ukraina. Menurut Kementerian Pertahanan Federasi Rusia, serangan itu dilakukan pada Minggu dan Senin (18-19 September 2022).

“Para kru melakukan misi untuk menyerang target darat dan sistem pertahanan udara musuh. Rudal Kh-29T dihadirkan untuk tugas menyerang benteng yang terletak di hutan,” kata seorang wakil komandan skuadron udara kepada TASS dikutip SINDOnews, Selasa (20/9/2022).



Rudal udara ke permukaan Kh-29 dirancang untuk menyerang target di atas permukaan air dan objek di atas tanah yang terlihat, tetapi sulit dijangkau. Misalnya, struktur beton bertulang, jembatan, landasan beton, kapal dengan tonase hingga 10.000 ton dan kapal selam ketika sedang naik ke permukaan.

Rudal Kh-29 dilengkapi dengan "mata" self-homing televisi pasif yang mentransmisikan gambar sebelum diluncurkan ke indikator di pesawat pengebom. Untuk menggunakan rudal Kh-29, navigator harus menjalani pelatihan khusus.

“Kami menargetkan (rudal), kemudian, setelah tautan dibuat, hulu ledak rudal memperoleh target dari jarak, katakanlah, 20-30 kilometer. Setelah itu, dia terbang langsung ke target, seperti hanggar. Untuk menggunakan rudal ini, kru harus melalui pelatihan khusus, "kata seorang navigator Su-34.



Sedangkan Pesawat tempur pengebom Su-34 dirancang untuk memberikan serangan rudal dan bom yang tepat ke target darat musuh pada kedalaman operasi dan taktis serta untuk menyerang target udara musuh.

Rusia tidak menjelaskan, saat penyerangan bengkel pabrik Iskra, apakah di dalamnya ada sistem rudal HIMARS. Juga tidak dijelaskan apakah Ukraina terus menggunakan fasilitas layanan HIMARS atau telah menggunakannya sebelumnya.
Pengebom Su-34 Rusia Hancurkan Bengkel Senjata Ukraina dengan Rudal Kh-29


Dikutip dari laman Bulgarian Military, Kementerian Pertahanan Rusia juga mengklaim bahwa setidaknya 70 “militer dan empat unit kendaraan lapis baja” hancur. Mereka berada di inventaris batalion Ukraina "Karputska Setch".



14 drone juga hancur (tidak disebutkan jenis apa), termasuk dua rudal Point-U dan 24 rudal yang ditembakkan oleh HIMARS dan Alder. “Dua rudal anti-radar HARM Amerika dihancurkan di dekat Nova Kakhovka, wilayah Kherson,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.
Pengebom Su-34 Rusia Hancurkan Bengkel Senjata Ukraina dengan Rudal Kh-29


Juru Bicara Kementerian Pertahanan Letnan Jenderal Igor Konashenkov mengatakan, selama menggelar Operasi Khusus ke Ukraina sejak Februari 2022, Rusia telah menghancurkan lebih dari 5.000 tank dan kendaraan lapis baja angkatan bersenjata Ukraina. Termasuk 293 pesawat, 155 helikopter, 1.981 kendaraan udara tak berawak.

“Sebanyak 375 sistem rudal anti-pesawat, 5.022 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 837 kendaraan peluncur roket ganda, 3.397 senjata artileri lapangan dan mortir serta 5.680 kendaraan militer khusus telah dihancurkan sejak dimulainya operasi militer khusus,” katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)