5 Hewan Laut Paling Aneh yang Pernah Ditemukan, Nomor 3 Tidak Bisa Berenang di Laut

Jum'at, 23 September 2022 - 14:44 WIB
loading...
5 Hewan Laut Paling Aneh yang Pernah Ditemukan, Nomor 3 Tidak Bisa Berenang di Laut
5 Hewan Laut Paling Aneh yang Pernah Ditemukan. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hewan laut paling aneh yang pernah ditemukan dan mencuri perhatiian dunia . Ada banyak hewan laut paling aneh yang ditemukan di laut. Hewan laut tersebut kadang ditemukan di area yang tidak bisa dijangkau manusia biasa.

BACA JUGA - Hewan-hewan Eksotis Peliharaan Para Pangeran Arab, Nomor 2 Sangat Buas

Hewan-hewan laut paling aneh ini memiliki berbagai macam keanehan. Mulai dari bentuk fisik, cara berenang, hingga cara makannya.

Berikut 5 hewan laut paling aneh yang pernah ditemukan para ilmuwan dunia :

1. Leafy Sea Dragon (Naga Laut Berdaun)

Leafy Sea Dragon alias Naga Laut Berdaun memiliki bentuk yang sangat aneh. Bentuknya bahkan tidak terlihat seperti binatang.

Bentuk Naga Laut Berdaun ini lebih mirip dengan daun tanaman. Bentuk badannya tipis dan tidak beraturan di bagian pinggirnya seperti daun yang sudah sobek.

Hewan ini ditemukan di bagian selatan dan barat Australia. Walau bentuknya aneh, hewan ini masuk famili Syngnathidae, satu famili dengan kuda laut.

Naga Laut Berdaun biasanya memakan plankton dan kerang kecil. Mereka memiliki panjang sekitar 20-24 cm.

Hewan ini bergerak dengan menggunakan sirip kecilnya. Mereka menggunakan siripnya untuk menangkap plankton dan kerang kecil untuk dijadikan makanannya.

2. Anglerfish (Ikan Sungut Ganda)

Anglerfish alias ikan sungut ganda termasuk hewan laut yang sangat aneh. Ikan ini memiliki gigi yang panjang dan tajam yang berbeda dengan ikan lainnya.

Ikan ini memiliki panjang antara 20 cm hingga 1 meter. Anglerfish memiliki 300 spesies yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Anglerfish banyak ditemukan di Samudera Atlantik dan Samudera Antartika. Mereka memakan ikan-ikan kecil sebagai mangsanya.
5 Hewan Laut Paling Aneh yang Pernah Ditemukan, Nomor 3 Tidak Bisa Berenang di Laut

Anglerfish betina memiliki keunikan sendiri. Dia memiliki cahaya seperti senter yang terletak di atas mulutnya yang berfungsi menarik perhatian mangsanya.

Adanya cahaya dari anglerfish ini tentu menarik perhatian ikan-ikan kecil. Ketika ikan-ikan kecil itu mendekat, anglerfish langsung memangsanya dengan giginya yang tajam.

3. Red Handfish (Ikan Tangan Merah)

Red Handfish alias ikan tangan merah memiliki bentuk yang sangat aneh. Ikan ini seakan-akan memiliki tangan seperti manusia.

Red Handfish memiliki cara bergerak yang tidak umum untuk ikan. Red Handfish bergerak dengan berjalan di dasar lautan, bukan berenang di air laut seperti ikan pada umumnya.

Ikan ini banyak ditemukan di sekitar Australia dan Tasmania. Ikan ini berukuran sekitar 15 cm.
5 Hewan Laut Paling Aneh yang Pernah Ditemukan, Nomor 3 Tidak Bisa Berenang di Laut

Ikan ini dinamakan Handfish karena ikan ini bergerak menggunakan sirip yang mirip tangan berwarna merah. Sirip merah ini membantunya bergerak di dasar lautan.

Selain berwarna merah, ikan ini juga ada yang berwarna pink. Yang pasti, ikan ini benar-benar bergerak di laut dengan berjalan di atas tanah dasar laut.

4. Wobbegong

Wobbegong termasuk hewan laut yang paling aneh yang pernah ditemukan. Wobbegong sendiri berada di satu famili dengan ikan hiu.

Walau satu famili dengan ikan hiu, bentuk wobbegong sangatlah aneh. Bentuknya seperti karpet yang gepeng sehingga tidak terlihat seperti ikan.
5 Hewan Laut Paling Aneh yang Pernah Ditemukan, Nomor 3 Tidak Bisa Berenang di Laut

Di bagian luar tubuhnya banyak sekali bulu yang menutupi badannya. Bulu ini berfungsi untuk mengelabui mangsanya karena wobbegong dikira batu yang bisa dipakai untuk sarang atau tempat bersandar.

Wobbegong banyak ditemukan di Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Wobbegoong lebih banyak menunggu mangsa di dasar laut.

Mangsa wobbegong sendiri biasanya terdiri dari ikan, gurita, kepiting, dan lain-lain. Mereka langsung memakan mangsanya ketika mangsa mereka terjebak oleh jebakan wobbegong ini.

5. Christmas Tree Worms (Cacing Pohon Natal)

Christmas tree worms alias cacing pohon natal juga termasuk hewan laut yang sangat aneh. Mereka berbentuk seperti pohon natal.

Hewan laut aneh ini banyak ditemukan di terumbu karang di laut di daerah tropis. Mereka menyukai iklim tropis sebagai tempat tinggal mereka.

Cacing pohon natal memiliki tentakel yang berbentuk seperti rambut. Hewan ini memiliki badan seperti tabung dan digunakan untuk memakan tumbuhan kecil dan untuk pernafasan.

Cacing pohon natal ini memiliki banyak jenis warna. Warna cacing pohon natal yang pernah ditemukan adalah warna oranye, putih, biru, dan kuning.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1519 seconds (11.252#12.26)