3 Hewan yang Dilindungi di Ujung Kulon

Jum'at, 23 September 2022 - 18:18 WIB
Taman ini merupakan pelestarian alam dengan memiliki ekosistem asli dikelola dengan sistem zonasi yang digunakan untuk penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, penunjang budaya dan pariwisata.

Taman Nasional Ujung Kulon terdapat beberapa jenis satwa terdiri dari 240 jenis burung, 59 jenis reptilian, 35 jenis mamalia dan masih banyak lagi jenis yang dilindungi di taman ini.

Agar anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai hewan yang dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon. Berikut 3 hewan dilindungi oleh Taman Nasional Ujung Kulon.

1. Badak Bercula Satu

Badak bercula satu dikenal juga dengan nama badak jawa merupakan hewan yang dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon, hal tersebut di karena populasinya yang hampir punah dengan jumlahnya semakin sedikit. Hewan termasuk kategori mamalia dan memiliki nama Latin Rhinoceros Sondaicus ini dilindungi Taman Nasional Ujung Kulon hanya tersisa 60 hingga 70 ekor.

2. Owa Jawa

Hewan yang dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon selanjutnya adalah Owa Jawa. Hewan ini adalah salah satu hewan endemik yang diperkirakan hanya berjumlah kurang dari 5000 ekor. Hal tersebut disebabkan oleh kerusakan pada habitat aslinya, sehingga menyebabkan populasi Owa Jawa terancam punah. Owa Jawa yang memiliki nama latin Hylobates Moloch ini merupakan hewan yang berasal dari famili Hylobatidae. Hewan ini juga dikenal dengan nama Java Leaf Monkey.

3. Surili