Misi Mars Tianwen-1 China Sabet Penghargaan Bergengsi pada Kongres Luar Angkasa Internasional

Jum'at, 23 September 2022 - 23:41 WIB
loading...
Misi Mars Tianwen-1 China Sabet Penghargaan Bergengsi pada Kongres Luar Angkasa Internasional
Sebuah foto selfie diambil oleh rover China Zhurong Mars selama misi Tianwen-1. Misi Tianwen 1 dianugerahi penghargaan paling bergengsi pada Kongres Astronautika Internasional (IAC) ke-73 di Paris.Foto/China News Service/Space
A A A
PARIS - Misi Tianwen 1 Mars China dianugerahi salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia luar angkasa pada Kongres Astronautika Internasional (IAC) ke-73 di Paris. Misi Tianwen 1 dinilai berhasil melakukan pengorbitan, pendaratan, dan penjelajahan gabungan pertama yang bersejarah dalam satu peluncuran.

Pesawat ruang angkasa Tianwen 1 lepas landas dari pelabuhan antariksa Wenchang pada 23 Juli 2020 dan memasuki orbit Mars pada Februari 2021. Penjelajah Zhurong bertenaga surya misi itu kemudian berhasil mendarat di dataran Utopia Planitia Planet Merah pada Mei tahun 2020.

Misi tersebut melakukan pengorbitan, pendaratan, dan penjelajahan gabungan yang bersejarah untuk pertama kalinya dalam satu peluncuran. Prestasi itu diganjar penghargaan pencapaian luar angkasa tahunan Federasi Astronautika Internasional pada Minggu 18 September 2022 selama Kongres Astronautika Internasional (IAC) ke-73 di Paris.

Baca juga; China Tunjukkan 4 Foto Mars dari Misi Tianwen 1

Presiden Federasi Astronautika Internasional (IAF) Pascale Ehrenfreund memperkenalkan tim di balik pengembangan pesawat ruang angkasa pada kuliah utama di IAC tahun ini. Jilian Wang, wakil presiden di Akademi Teknologi Luar Angkasa China (CAST) yang mengembangkan pesawat ruang angkasa, mempresentasikan gambaran misi dan menguraikan beberapa pencapaian ilmiah utama sejauh ini dalam kuliah utama, termasuk pemetaan global Planet Merah dan data kembali yang menawarkan bukti samudra Mars kuno.

Wang juga mencatat sorotan visual dari misi tersebut, termasuk selfie orbit Mars dan video penyisipan orbit. Tianwen 1 melanjutkan misi sains yang diperluas di orbit Mars, tetapi di permukaan, penjelajah Zhurong saat ini sedang berhibernasi untuk melihat musim dingin di belahan utara Mars.
Misi Mars Tianwen-1 China Sabet Penghargaan Bergengsi pada Kongres Luar Angkasa Internasional


Rover bertenaga surya seberat 240 kilogram saat ini diperkirakan akan melanjutkan aktivitas pada bulan Desember atau Januari. “Saat itu lebih banyak energi matahari mencapai Mars,” kata seorang anggota tim misi selama sesi tanya jawab.

Baca juga; Pesawat Tianwen-1 China Merilis Gambar Pertama Planet Mars

China juga ingin menindaklanjuti kesuksesan Mars-nya dengan misi ambisius untuk mengumpulkan sampel dari Mars dan mengirimkannya ke Bumi. Misi tersebut diberi nama Tianwen 3 dan akan melibatkan sepasang peluncuran Long March 5, roket terbesar China, sekitar tahun 2028.

Misi tersebut untuk mengirim pesawat ruang angkasa pendarat dan pengorbit ke Planet Merah. Sebelum ini, negara tersebut bertujuan untuk melakukan misi pengembalian sampel asteroid pertamanya dengan Tianwen 2, yang diluncurkan sekitar tahun 2025.
Misi Mars Tianwen-1 China Sabet Penghargaan Bergengsi pada Kongres Luar Angkasa Internasional


Misi itu juga kemungkinan akan terbuka untuk kerja sama internasional. “Kami ingin bermitra dengan lebih banyak badan antariksa, perusahaan antariksa, universitas, dan semua jenis entitas lainnya,” kata Wang.

Baca juga; Begini Cara China Menaklukkan Planet Mars Melalui Tianwen-1

Misi pengembalian sampel asteroid tim Hayabusa2 Jepang memenangkan penghargaan pada tahun 2021. China sebelumnya memenangkan penghargaan IAF pada tahun 2020 untuk pendaratan Chang'e 4 di sisi jauh bulan.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1799 seconds (11.210#12.26)