Mumi Lady Dai Wanita Tercantik dari China Ternyata Lebih Awet dari Firaun

Kamis, 29 September 2022 - 10:47 WIB
loading...
Mumi Lady Dai Wanita Tercantik dari China Ternyata Lebih Awet dari Firaun
Mumi Lady Dai Wanita Tercantik dari China . FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Ilmuwan akhirnya bisa memastikan mumi terawet di dunia bukan berada di Mesir akan tetapi di China. Mumi Lady Dai awetnya mengalahkan keawetan mumi raja-raja Firaun.



Seperti dilansir dari SCMP, Meskipun wajahnya terlihat bengkak dan cacat, kulitnya masih lembut saat disentuh, dan tidak ada tanda-tanda rigor mortis di mana pun, sementara lengan dan kakinya masih bisa ditekuk.

Bahkan organ dalamnya masih utuh dan masih ada darah di pembuluh darahnya. Ada rambut di kepalanya, dengan wig yang disematkan dengan jepit rambut di bagian belakang kepalanya, dan sidik jari dan kakinya terlihat jelas.

Bahkan setelah 2.100 tahun kematiannya, Lady Dai masih bisa diotopsi oleh dokter layaknya mayat baru meninggal kemarin.

Rupanya Lady Dai atau Xin Hui (nama semasa hidupnya) adalah seorang istri dari aristrokrat bangsawan Dinasti Han, Li Cang.

Gelar sebagai permaisuri istri bangsawan membuat kehidupan Xin Hui diselimuti kemewahan duniawi.

Dalam peti matinya saja terdapat pakaian bersulam sutra, rok, sarung tangan kecil, kantong sutra yang diisi dengan berbagai bumbu bunga yang harum, kotak-kotak kosmetik, alat musik dan patung musisi, serta lebih banyak barang-barang mewah lainnya.

“Benda-benda ini menunjukkan Lady Dai hidup dalam kemewahan yang sangat dia nikmati,” kata Willow Weilan Hai Chang, direktur Galeri Institut Tiongkok di New York City pada tahun 2009 lalu.

Menurut Weilan, Konon kecantikannya di masa mudanya, Lady Dai memanjakan dirinya dalam setiap kenikmatan kuliner, termasuk sup kalajengking, sampai tubuhnya yang kecil tertekuk karena obesitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)