Fosil Dinosaurus T-Rex Siap Dilelang November Mendatang

Minggu, 02 Oktober 2022 - 06:32 WIB
loading...
Fosil Dinosaurus T-Rex Siap Dilelang November Mendatang
Kerangka T-rex siap dilelang November mendatang di Hongkong. FOTO/ IST
A A A
HONGKONG - Kerangka dinosaurus T. rex yang dikenal sebagai Shen diperkirakan akan dilelang hingga USD25 juta (Rp120 miliar) di Hong Kong November mendatang.

Lelang akan diadakan di Pusat Konvensi dan Pameran Hong Kong dan merupakan yang pertama dilelang di Asia.

BACA JUGA - Mengapa Buaya Minim Berevolusi Sejak Zaman Dinosaurus

Seperti dilansir dari The Sun Minggu (2/10/2022), dinosaurus hidup antara 66 dan 68 juta tahun yang lalu.

Kerangka hewan itu ditemukan di negara bagian Montana di Amerika Serikat (AS) dua tahun lalu.

Memiliki tinggi hampir 5 meter dan panjang 12,2 meter.

Perusahaan lelang Christie's, yang bertanggung jawab untuk menjual kerangka itu, akan membawanya ke Victoria Theatre dan Singapore Concert Hall untuk pameran singkat dari 28 hingga 30 Oktober mendatang sebelum dikirim ke Hong Kong untuk dilelang.

Sebelumnya dinosaurus "Hector," berusia lebih dari 100 juta tahun, dan fosilnya terjual lebih dari USD12 juta atau sekitar Rp175 miliar dalam lelang di balai lelang Christie .

Menurut balai lelang Christie, Hector adalah kerangka paling lengkap dari Deinonychus Antirrhopus yang pernah ditemukan. Spesimen, yang digali di Montana pada 2013, berasal dari periode Cretaceous awal sekitar 115 hingga 108 juta tahun yang lalu.

Menurut balai lelang Christie fosil itu awalnya diharapkan menghasilkan antara USD4 juta (Rp58,6 miliar) dan USD6 juta (Rp87,9 miliar). Namun sebaliknya, fosil itu terjual dengan harga USD12,4 juta atau sekitar Rp181,8 miliar pada hari Rabu.

Balai lelang Christie mengatakan fosil dinosaurus sepanjang 9 kaki, yang berkeliaran di Amerika Utara bagian barat, itu diberi nama Deinonychus karena cakarnya yang khas dan mematikan di setiap kakinya. Deinonychus berarti "cakar yang mengerikan" dalam bahasa Yunani kuno.

"Bentuknya seperti sabit dan terangkat dari tanah saat tidak digunakan untuk menjaga ketajamannya yang mematikan, cakar ini digunakan untuk mengeluarkan isi perut mangsanya," kata balai lelang Christie.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2201 seconds (11.252#12.26)