Keajaiban Membaca Al Quran, Mampu Menghubungkan Saraf-Saraf di Otak

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:32 WIB
loading...
Keajaiban Membaca Al Quran, Mampu Menghubungkan Saraf-Saraf di Otak
Al Quran merupakan kitab suci umat Islam dan mukjizat atau bukti kebenaran Nabi Muhammad SAW. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Al Quran merupakan kitab suci umat Islam dan mukjizat atau bukti kebenaran Nabi Muhammad SAW. Membaca Al Quran rupanya dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh manusia. Mulai dari sarana pengobatan hingga mencerdaskan otak .

Dalam konsep kesehatan Islam (Thibbun Nabawi) dikenal terapi ruqyah. Yang dimaksud dengan terapi ruqyah menurut Ibnul Qayyim Al Jauziyah adalah terapi dengan melafalkan doa baik dari Al Qur’an maupun hadits nabi untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Baca juga : Alquran sebagai Lautan Ilmu

Salah satu hal paling utama dalam manfaat membaca Al Quran adalah mampu memperlancar dan menghubungkan sistem saraf dalam tubuh terutama pada bagian otak.

Menurut buku bertajuk Islam Sehat dan Menyehatkan Sistem Saraf karya Veni Hadju, Dr. Al Qadhi, melalui penelitiannya di Klinik Besar Florida Amerika Serikat, berhasil membuktikan bahwa dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Alquran, seorang Muslim maupun non muslim, baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan fisiologis pada sistem saraf.

Dari hasil uji cobanya ia berkesimpulan, bacaan Al quran berpengaruh 97% dalam melahirkan kestabilan sistem saraf.

Hasil penelitian tersebut diperkuat lagi oleh penelitian yang dilakukan Muhammad Salim yang telah dipublikasikan di Universitas Boston.

Penelitian dilakukan terhadap lima orang sukarelawan yang terdiri dari tiga pria dan dua wanita. Kelima orang tersebut sama sekali tidak mengerti bahasa Arab dan mereka pun tidak diberi tahu bahwa yang akan diperdengarkannya adalah Al quran.

Penelitian dilakukan sebanyak 210 kali dan terbagi dalam dua sesi, yakni membacakan Alquran dengan tartil dan membacakan bahasa Arab yang bukan kitab suci tersebut.

Baca juga : Kejahatan Otak Menurut Al-Qur'an
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)