Spesifikasi Robot Uran-9, Tank Tak Berawak Rusia dengan Senjata Mengerikan

Rabu, 12 Oktober 2022 - 13:14 WIB
loading...
Spesifikasi Robot Uran-9, Tank Tak Berawak Rusia dengan Senjata Mengerikan
Robot Uran-9 milik Rusia diperkenalkan secara resmi pada Forum Teknis-Miltary Internasional Angkatan Darat pada bulan September 2016. Foto/Wikimedia/army technology
A A A
MOSKOW - Robot Uran-9 milik Rusia diperkenalkan secara resmi pada Forum Teknis-Miltary Internasional Angkatan Darat pada bulan September 2016. Tank tak berawak ini dirancang untuk pengintaian jarak jauh dan dukungan tembakan dengan persenjataan yang mengerikan.

Dilengkapi dengan berbagai senjata dan sensor, robot akan meningkatkan efektivitas tempur regu infanteri, sambil menawarkan perlindungan maksimal kepada personel. Dukungan tembakan untuk berbagai tugas yang dilakukan oleh unit kontra-terorisme, pengintaian dan militer di lingkungan perkotaan.

Robot Uran-9 yang dibuat anak perusahaan Rostec Corporation Rosoboronexport, terdiri dari empat kendaraan darat tak berawak, satu stasiun komando bergerak, dan sebuah traktor untuk mengangkut robot. Kendaraan tempur didasarkan pada sasis yang dilengkapi dengan enam roda jalan dan sproket penggerak.

Uran-9 berukuran panjang 5,12 meter, lebar 2,53 meter dan tinggi 2,5 meter, serta memiliki berat sekitar 10.000 kg. Sistem robot Uran-9 dilengkapi dengan turret yang dioperasikan dari jarak jauh untuk memasang berbagai senjata dan rudal ringan dan menengah, berdasarkan kebutuhan misi.



“Robot akan meningkatkan efektivitas tempur regu infanteri, sambil menawarkan perlindungan maksimal kepada personel,” demikian keterangan perusahaan dikutip SINDOnews dari laman army-technology, Rabu (12/10/2022)

Sistem senjata memiliki empat peluncur rudal anti-tank 9M120-1 Ataka, dua di setiap sisi, untuk mengalahkan tank tempur utama musuh dan target lapis baja. Rudal Ataka 9M120-1 menawarkan jangkauan tembak 0,4 km hingga 6 km, dan mampu menembus lapisan baja hingga kedalaman 800 mm di belakang lapisan pelindung reaktif eksplosif (ERA).

Turret juga menggabungkan satu meriam otomatis 30 mm 2A72 yang distabilkan untuk pertahanan terhadap target darat dan udara yang terbang rendah. Dilengkapi satu senapan mesin koaksial Kalashnikov PKT/PKTM 7.62 mm untuk menyerang target lapis baja ringan berbasis darat.

Robot ini juga dilengkapi dengan enam pelempar api reaktif Shmel-M kaliber 93mm, tiga di setiap sisi turret. Dengan jarak tembak maksimum 1 km, Shmel-M dapat menghancurkan personel dan persenjataan musuh di dalam tempat perlindungan dan benteng pertahanan.



Pilihan senjata untuk kendaraan Uran-9 termasuk empat rudal permukaan-ke-udara Igla, sistem pertahanan udara portabel 9K333 Verba, dan hingga enam rudal anti-tank 9M133M Kornet-M yang dipandu. Kendaraan tempur darat tak berawak Uran-9 memiliki kemampuan untuk menahan tembakan amunisi senjata ringan dan pecahan peluru.

Pelat baja lapis baja lambung menawarkan perlindungan untuk suspensi kendaraan. Sistem robotik dilengkapi dengan berbagai modul sensor yang dikendalikan dari jarak jauh seperti sistem peringatan laser, dan kamera elektro-optik dan pencitraan termal.

Sistem pengendalian kebakaran onboard terdiri dari deteksi target otomatis, perangkat identifikasi dan pelacakan, serta komputer balistik. Uran-9 mampu mendeteksi dan melacak target musuh yang menempuh jarak 6 km di siang hari dan 3 km di malam hari.
Spesifikasi Robot Uran-9, Tank Tak Berawak Rusia dengan Senjata Mengerikan


Robot Uran-9 dapat dioperasikan dalam mode otonom atau manual. Dalam mode otonom, kendaraan dapat secara otomatis mengidentifikasi, mendeteksi, melacak, dan mempertahankan target musuh berdasarkan jalur yang telah diprogram sebelumnya yang ditetapkan oleh operator. Kendaraan menggunakan pencarian jalur memutar untuk menghindari rintangan dalam mode otonom.



Robot Uran-9 dikendalikan secara manual oleh satu operator dari stasiun komando dan kontrol bergerak yang dipasang pada truk taktis 6x6 dari jarak aman 3km. Uran-9 juga dapat dikontrol melalui panel kontrol portabel, dalam mode manual.

Tenaga untuk robot Uran-9 berasal dari pembangkit listrik tenaga diesel, yang memberikan kecepatan maksimum 35 km/jam di jalan raya. Uran-9 dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan lintas negara maksimum 25 km/jam dan dapat mencapai kecepatan maksimum 10 km/jam pada kondisi off-road.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3547 seconds (0.1#10.140)