Cara Menghitung Pereaksi Pembatas dalam Reaksi Kimia

Kamis, 13 Oktober 2022 - 16:17 WIB
loading...
Cara Menghitung Pereaksi Pembatas dalam Reaksi Kimia
Cara menghitung pereaksi pembatas dalam reaksi kimia menjadi salah satu materi di pelanajaran Kimia di kelas 10. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara menghitung pereaksi pembatas penting diketahui. Ini adalah salah satu materi di mata pelajaran Kimia di kelas 10. Dalam ilmu Kimia, pereaksi pembatas adalah pereaksi yang jumlahnya sangat terbatas dan habis bereaksi terlebih dahulu.

Pereaksi pembatas akan digunakan jika jumlah mol setiap pereaksi sudah diketahui. Maka, harus menentukan jumlah mol pereaksi yang habis bereaksi atau pereaksi pembatas tersebut.

Pereaksi pembatas berguna sebagai pembatas atau patokan untuk menentukan mol zat hasil reaksi.

Dalam suatu reaksi kimia, tidak selalu massa zat-zat yang bereaksi (zat reaktan) habis bereaksi seluruhnya membentuk hasil reaksi. Terkadang, salah satu dari zat reaktan memiliki massa yang tersisa karena tidak habis bereaksi.

Hal ini karena untuk terjadinya suatu reaksi secara sempurna, maka perbandingan massa zat-zat reaktan tersebut harus tepat sesuai dengan perbandingan koefisien dalam persamaan reaksinya.

Zat reaktan yang sudah habis sebelum zat reaktan lainnya habis bereaksi akan disebut zat reaktan pembatas atau pereaksi pembatas, karena membatasi keberlangsungan reaksi.

Jadi, perbandingan mol zat-zat pereaksi yang dicampurkan tidak selalu sama dengan perbandingan koefisien reaksinya, mengakibatkan ada zat pereaksi yang habis bereaksi lebih dahulu. Pereaksi itulah yang disebut pereaksi pembatas.

Cara Menghitung Pereaksi Pembatas
Dalam rumus kimia, pereaksi pembatas dihitung dengan cara membagi semua mol zat reaktan dengan koefisien masing-masing reaktan. Sehingga diperoleh suatu bilangan, dimana bilangan hasil pembagian yang lebih kecil merupakan zat reaktan yang bertindak sebagai pereaksi pembatas.

SINDOnews merangkum bahwa menentukan pereaksi pembatas dalam kimia lewat langkah-langkah ini:

1. Jika menggunakan rasio mol, setarakan terlebih dahulu persamaan reaksi kimianya. Mol adalah satuan ukuran jumlah zat yang disepakati secara internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)