Rusia Luncurkan Pesawat Kargo Luar Angkasa Progress 82, Bawa 3 Ton Makanan ke ISS

Kamis, 27 Oktober 2022 - 16:50 WIB
loading...
Rusia Luncurkan Pesawat Kargo Luar Angkasa Progress 82, Bawa 3 Ton Makanan ke ISS
Roket Soyuz Rusia meluncurkan pesawat kargo Progress 82 menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Baikonur Cosmodrome pada 25 Oktober 2022. Foto/NASA TV/Roscosmos
A A A
BAIKONUR - Rusia meluncurkan pesawat kargo luar angkasa Progress 82 tanpa awak dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada 25 Oktober 2022 malam waktu setempat. Kargo Progress 82 diluncurkan dengan roket Soyuz membawa 3 ton makanan dan bahan bakar ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kapal kargo Progress 82 akan mengejar ISS selama dua hari dan tiba di laboratorium yang mengorbit di ISS pada Kamis 27 Oktober 2022. Progress 82 membawa hampir 3 ton makanan, bahan bakar, dan persediaan lainnya untuk awak misi Ekspedisi 68 yang berada di lab ISS.

Progress adalah salah satu dari tiga pesawat ruang angkasa robotik yang saat ini menerbangkan misi kargo ke ISS. Dua lainnya adalah pesawat pribadi Amerika Serikat (AS), yaitu kapsul Dragon SpaceX dan kendaraan Cygnus milik Northop Grumman.



Dragon SpaceX dapat digunakan kembali, tetapi Progress dan Cygnus adalah pesawat sekali pakai yang terbakar di atmosfer Bumi ketika masa tugas di orbit selesai. Terbaru adalah pesawat kargo Progress 80 yang menyelesaikan tugas di ISS pada Minggu 23 Oktober 2022.

Namun, pesawat ruang angkasa Progress lainnya tetap berada di ISS, yaitu Progress 81, yang tiba pada bulan Juni. Progress 81 pada Senin 24 Oktober 2022 membantu ISS melakukan manuver menghindari puing sisa uji anti-satelit dengan menyalakan mesin selama lima menit 5 detik.
Rusia Luncurkan Pesawat Kargo Luar Angkasa Progress 82, Bawa 3 Ton Makanan ke ISS


Saat ini juga adadua kendaraan berawak sedang merapat dengan lab bersama ISS yang mengorbit di angkasa. Salah satunya adalah pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, yang tiba pada bulan September.



Selain itu ada Endurance kapsul SpaceX's Crew Dragon, yang menerbangkan misi Crew-5 perusahaan untuk NASA. Endurance diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon 9 pada 5 Oktober dan mencapai ISS sehari kemudian.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)