Populasi Turun Tajam Akibat Perubah Iklim, Penguin Kaisar Masuk Daftar Spesies yang Terancam

Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:30 WIB
Penguin Kaisar, spesies penguin terbesar di dunia, masuk dalam daftar satwa yang terancam akibat perubahan iklim. Foto/Live Science
WASHINGTON - Penguin Kaisar, spesies penguin terbesar di dunia, masuk dalam daftar satwa yang terancam akibat perubahan iklim. Ini mengindikasikan burung Antartika yang ikonik ini akan terancam punah di masa mendatang.

Sebuah studi yang diterbitkan tahun lalu menyoroti ancaman yang akan segera terjadi terhadap kelangsungan hidup penguin kaisar (Aptenodytes forsteri). Ditemukan bahwa hingga 70% koloni penguin kaisar di Antartika dapat punah pada tahun 2050 jika tingkat kehilangan es laut saat ini terus berlanjut.

Dalam skenario terburuk, 98% koloni dapat menghilang pada tahun 2100, membuat spesies tidak dapat pulih kembali. Temuan mengerikan ini mendorong US Fish and Wildlife Service (USFWS) untuk mengusulkan perlindungan penguin kaisar di bawah Endangered Species Act (ESA).

USFWS secara resmi menyatakan penguin kaisar sebagai spesies yang terancam pada Selasa 25 Oktober 2022 dan memperpanjang perlindungan mereka di bawah ESA. “Daftar ini mencerminkan krisis kepunahan yang berkembang dan upaya ini untuk melestarikan spesies sebelum penurunan populasi menjadi tidak dapat diubah,” kata Direktur USFWS Martha Williams dikutip dari Live Science, Kamis (27/10/2022).

Saat ini ada sekitar 61 koloni perkembangbiakan penguin kaisar yang hidup di sepanjang garis pantai Antartika, mencakup sekitar 270.000 hingga 280.000 pasangan perkembangbiakan. Populasi ini saat ini tampak stabil, tetapi karena tingkat kehilangan es laut terus terjadi, jumlah burung yang tidak dapat terbang diperkirakan akan menurun.

“Perubahan iklim memiliki dampak besar pada spesies di seluruh dunia dan mengatasinya adalah prioritas bagi kami. Daftar penguin kaisar berfungsi sebagai bel alarm tetapi juga panggilan untuk bertindak,” tutur Williams.

Sebuah model menunjukkan bahwa, jika manusia berhasil mengekang emisi karbon secara dramatis, populasi penguin kaisar global dapat berkurang sekitar 26% pada tahun 2050. Namun dalam skenario emisi karbon tinggi, populasi dapat turun lebih dari 50% dalam kerangka waktu yang sama.

“Laut Ross dan Weddell adalah benteng bagi spesies ini, dan populasi di daerah ini kemungkinan besar akan tetap stabil. Namun, koloni penguin kaisar di Samudra Hindia, Samudra Pasifik Barat, dan Laut Bellingshausen dan Laut Amundsen diproyeksikan menurun lebih dari 90 persen karena mencairnya es laut,” kata USFWS.

Mengeluarkan perlindungan untuk penguin kaisar di bawah ESA berpotensi membantu meningkatkan spesies terhadap penurunan populasi. Secara khusus, menetapkan spesies sebagai terancam "mempromosikan kerja sama internasional dalam strategi konservasi, meningkatkan pendanaan untuk program konservasi, memacu penelitian dan menyediakan alat konkret untuk pengurangan ancaman.